Lingkar Banyumas

Peringati Hari Kartini SDN 1 Rempoah Pawai Pakaian Adat

Sabtu, 21 April 2018 15:51 WIB

Peringati Hari Kartini SDN 1 Rempoah Pawai Pakaian Adat

Suara Purwokerto - Memperingati hari Kartini, SDN 1 Rempoah Kecamatan Baturaden menggelar pawai Kartini mengelilingi desa, Sabtu (21/4). Pawai diikuti seluruh siswa dengan berjalan kaki, mereka mengenakan pakaian adat Jawa, pakaian nasional serta sebagian menggunakan pakaian muslim.
Sebelum Peringati Hari Kartini SDN 1 Rempoah Pawai Pakaian Adat  pawai mereka mengikuti upacara  dan pemilihan putra putri berbusana terbaik.
Salah seorang Guru Pipih Halimah menjelaskan kegiatan pawai kartini diselenggarakan sekolahnya dengan melibatkan seluruh anak.
"Harapannya kami semoga bisa memberikan pesan emansipasi kepada siswa dan juga kepada masyarakat umum, oleh karena itu kami pilih pawai agar bisa berinteraksi dengan pihak luar sekolah," jelasnya.
Pipih Halimah menambahkan, sosok Kartini adalah seorang wanita yang tangguh yang saat itu bisa memperjuangkan emansipasi wanita.
"Sekarang tugas kita adalah meneruskan perjuangan beliau, terus berkarya dan mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari," tambahnya
Di lain sisi, salah satu siswa Suci, menyatakan sangat senang dengan rangkaian acara yang ada disekolahnya.
"Seneng aja, ga tiap hari seluruh siswa pakai pakaian nasional, dalam memperingati hari Kartini dengan mengenang jasanta sekaligus melestarikan budaya jawa," katanya
Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq