Lingkar Banyumas

Relasi Siap Berkiprah Sukseskan Pilkada 2018

Senin, 02 April 2018 10:39 WIB

BATURRADEN –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas terus lakukan sosialisasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. Tidak hanya itu, belum lama ini KPU membentuk tim Relawan Demokrasi (Relasi) Si Balu. Relasi Si Balu adalah tim yang akan membantu KPU setempat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sebanyak 50 orang anggota Relasi Si Balu baru saja mengikuti kegiatan Training of Trainers (TOT) dalam rangka sukseskan Pilkada Serentak 2018, bertempat di Hotel Queen Garden Baturraden, Jumat-Sabtu (31/3-1/4). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi bekal dan penguatan terhadap tim Relasi Si Balu. Nantinya, relawan akan melakukan sosialisasi ke masyarakat Banyumas, sesuai segmen yang dipilih atau diminati relawan.

Selama dua hari relawan mengikuti pembekalan dari dua fasilitator, Bangkit Ari Sasongko dan Agus Wahyudi. Di samping itu, sejumlah anggota KPU turut memberikan pembekalan terkait teknis melakukan sosialisasi di lapangan. 

“Mohon dipahami secara baik kode etik relawan dan teknik dalam sosialisasi Pilkada kepada masyarakat,” kata Imam Arif Setiadi, anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi SDM dan Parmas.

Menurutnya, Relasi Si Balu yang merupakan bagian dari penyelenggara pemilihan yang memiliki tanggung jawab besar dalam turut sukseskan Pilkada 2018 melalui sosialisasi yang mereka lakukan. Imam menghimbau agar sedikitnya sosialisasi dilakukan empat kali dalam sebulan. Pertemuan rutin sesama anggota Relasi Si Balu juga akan dilakukan setiap bulan, sebagai ajang evaluasi dan pembahasan rencana sosialisasi ke depan.

NPada akhir kegiatan, anggota Relasi Si Balu dikukuhkan oleh anggota KPU setempat, Imam Arif Setiadi dan Ikhda Aniroh. Pengukuhan dilakukan dengan penyematan pin Relasi Si Balu dan pembagian Surat Keputusan keanggotaan Relasi Si Balu.

“Saudara adalah orang-orang terpilih yang berkesempatan untuk berbuat lebih kepada masyarakat. Selamat berkiprah untuk sukses Pilkada 2018,” pungkas Imam Arif. (*)

Naskah: M Rifki Fathur Rizqi
Editor: Akhmad Saefudin

Penulis: Rifki

Editor: Akhmad Saefudin

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu