Lingkar Banyumas

Perangkat Desa Kedungbanteng Ikuti Pelatihan Siskeudes

Selasa, 20 Maret 2018 15:28 WIB

Perangkat Desa Kedungbanteng Ikuti Pelatihan Siskeudes

Suara Purwokerto : Perangkat Desa Se kecamatan Kedungbanteng mengikuti bimbingan teknis dan pelatihan penatausahaan dalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Selasa (20/3) di Balai Desa Karangsalam. Mereka terdiri dari Sekretaris Desa, Kepala Seksi Perencanaan dan Bendahara Desa.

Kepala Sub Bagian Adiministrasi Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Banyumas Eni Nurviatun mengatakan pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan dari yang sebelumnya yaitu penerapan aplikasi Siskeudes pada bidang perencanaan anggaran atau Penyusunan APBDes.

Semula pelatihan diikuti oleh Pendamping Desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kedungbanteng, dan Tim Penyelenggara dari Kabupaten. Dan sekarang mereka melatih para perangkat di kecamatan masing-masing,” katanya

Pelatihan Siskeudes ini dilakukan untuk mengedukasi para perangkat desa dalam menggunakan aplikasi Siskedeus yang nantinya akan mempermudah mereka dalam pembukuan keuangan desa terutama pada bidang penatausahaan.

Era sekarang, pengelolaan keuangan desa harus akuntabel mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Di dalam aplikasi tidak akan terjadi kesalahan dalam pengolahan SPJ atau pencairannya, karena sudah tersistem dan tidak akan terjadi pelampauan anggaran, tapi hal ini tergantung pada operatornya, sudah sesuai dengan ketentuan atau belum ketika menggunakan aplikasi,” tambah Eni.

Eni menambahkan pelatihan di Kedungbanteng, merupakan salah satu 23 kegiatan yang akan dilaksanakan. Mengingat jumlah 301 desa, sehingga dibagi per kecamatan agar lebih efektih dalam pelatihan.  Agar pelatihan aplikatif, para peserta lebih banyak praktik dalam penggunaan aplikasi. 

“Hari ini merupakan hari kedua diadakannya pelatihan dan sudah tiga kecamatan yang kami latih.” kata Eni

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kedungbanteng Sugeng Riyanto mengatakan, intruksi dari Pemdes sebenarnya hanya Sekdes dan Bendahara Desa yang mengikuti pelatihan. Namun karena Kasi Perencanaan mempunyai peran yang tinggi dalam perencanaan pembangunan desa, maka mereka diikutkan pelatihan. 

“Pelatihan hanya berlangsung sehari, namun karena setiap paguyuban, baik sekdes, bendahara desa dan kasi perencanaan ada pertemuan khusus, maka permasalahan bisa disampaikan pada forum itu. Atau setiap saat kami siap menerima fasilitasi,” kata Sugeng

Ghaisani Farahiyah

Penulis: Ghaisani Farahiyah

Editor: Parsito

Berita Terkait

Minggu, 30 Juni 2019 20:52 WIB

Warga Kemutuglor Ikuti Donor Darah

Senin, 12 November 2018 13:45 WIB

Desa Sudagaran Terima Sertifikat Desa STBM

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu