Lingkar Banyumas

Kader PKK Desa Wangon Juara Lomba Penyuluhan Tk Kabupaten

Senin, 05 Maret 2018 15:41 WIB

Salah satu peserta lomba penyuluhan PKK beraksi

Suara Purwokerto : Kader PKK dari Desa Wangon Kecamatan Wangon berhasil meraih Juara Pertama pada lomba lomba penyuluhan pokja IV yang digelar oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Banyumas, Senin (5/3) di Gedung Graha Satria Purwokerto. Lomba diikuti sebanyak 27 Kader perwakilan dari 27 Kecamatan Se Kabupaten Banyumas. Turut hadir pada kesempatan ini seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan.  

 

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Linawati Budhi Setiawan mengatakan, pertemuan PKK Tingkat Kabupaten Banyumas, selalu diisi dengan kegiatan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan dari kader PKK. Kalaupun tidak dalam bentuk seminar, pertemuan diisi dengan pelaksanakan lomba semacam ini.

 

“Kader PKK harus bisa memacu dan memotivasi anggota PKK yang lain, sehingga perlu menambah wawasan, ketrampilan, meningkatkan pemahanan sehingga ketika mereka memberi penyuluhan sesuai dengan apa yang diharapkan,” terangnya

 

Menurut Linawati lomba bertujuan guna mewujudkan Kader PKK yang cerdas dan terampil, karena pada dasarnya kader harus mampu menguasai tentang program Pokja 4 yaitu kesehatan, penyediaan makanan tambahan, pola hidup bersih dan sehat, KB, Lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

 

“Dengan adanya lomba semacam ini, kader akan terpacu dan terus belajar, tentang program PKK yang menjadi tugasnya,” tambahnya

 

Para peserta lomba, tidak bisa memilih salah satu tema yang dikuasainya, karena penyelenggara menyiapkan lebih dari 10 tema, tentang program Pokja IV. Sehingga peserta langsung mengambil undian materi, kemudian secara spontan memberi penyuluhan sesuai dengan tema yang diambil.

 

Diakir kegiatan sebagai Juara 1 Desa Wangon Kecamatan Wangon, Juara 2 Desa Tambaksari Kecamatan Kembaran, Juara 3 Desa Darma Kradenan Kecamatan Ajibarang. Untuk juara Harapan 1 diraih oleh Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang, Harapan 2 Kader dari Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan dan Harapan 3 Desa Sibrama Kecamatan Kemranjen.

 

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2020 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.19.3 | Build ID: EjyYc7swEl9kQ6JwClUYg