Wisata

Kota Lama Banyumas Miliki Pesawat MIG 17

Sabtu, 9 Desember 2017 16.42

Suara Purwokerto - Alun-alun Kota Lama Banyumas  kini dilengkapi pesawat berjenis MIG 17. Pesawat tersebut dikirim oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) atas perintah Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kini Panglima TNI, red) untuk dipasang sebagai monumen di alun-alun Kota Lama Banyumas.

Pesawat yang satu ini dikirim dari Landasan Udara (Lanud) Abdulrahman Saleh Malang Jawa Timur dan sampai di Banyumas,  Jumat (8/12) lalu. Sehari berikutnya, Tim Perakit Pesawat di bawah pimpinan Mayor Zulkifli langsung melakukan perakitan badan pesawat tersebut. Nantinya, badan pesawat akan dinaikkan ke tower monumen pada 18 Desember 2017. Adapun arah pesawat dipilih menghadap ke selatan dengan kemiringan 15°  posisi take off. Hal ini sesuai keinginan warga setempat, sebagai ucapan selamat datang kepada khalayak yang datang ke Banyumas dari penjuru selatan alun-alun.

“Pesawat MIG 17 dipilih untuk dikirim ke Banyumas mengingat orang tua Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dulunya adalah teknisi pesawat jenis ini,” kata Mayor Zulkifli, Ketua Tim dari Lanud Abdurahman Saleh Malang. 

“Dipilihnya kota Banyumas adalah sebagai apresiasi terhadap tanah kelahiran orang tua Marsekal Hadi dan untuk meningkatkan hubungan emosional antara TNI dengan masyarakat Banyumas. Betapa pun, Panglima TNI sekarang adalah trah Banyumas” katanya. 

"Dengan adanya monumen di Kota Lama Banyumas diharapkan akan semakin meningkatkan semangat dan kebersamaan dengan TNI, serta dapat menumbuhkan rasa cinta di kalangan generasi muda terhadap bangsa dan negeri ini," kata Camat Banyumas Ahmad Suryanto.

Tentunya, menurut Suryanto, ini juga semakin menambah destinasi wisata di Kabupaten Banyumas pada umumnya. (*)

(Kontributor: Pujo Priono)

Penulis: Pujo Priono

Editor: A Sae

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX