Wisata

Banyumas Kota Lama Tempat Pelaksanaan Musrenbangwil Banyumas

Jumat, 24 Maret 2017 20.14

Suara PurwokertoMusyawarah perencanaan pembangunan wilayah (Musrenbangwil) se wilayah eks Karesidenan Banyumas tahun 2017 akan digelar di Pendopo Kota Lama Banyumas. Acara tersebut rencananya dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (27/3) lusa.


"Tahun ini kitamendapat kepercayaansebagai  tuan rumah penyelenggaraan musrenbang se-wilayah eks Karesiden Banyumas. Gubernur dan rombongan dari provinsi yang akan hadir sekitar 125 orang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Banyumas, Ir Eko Prijanto MT.


Adapun peserta dari empat kabupaten (Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap) masing-masing 40 orang. Rombongan dari setiap kabupaten terdiri dari Bupati, Ketua DPRD, pimpinan partai politik, Dandim, Polres, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, Bappeda, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terpilih.


Selain peserta, juga disediakan seratus tempat duduk bagi tamu undangan masyarakat dan Muspika setempat.


Musrenbangwil di Karesidenan Banyumas merupakan putaran terakhir dari rangkaian kegiatan yang tealah diselenggarakan di lima eks karesidan lain di Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, kegiatan serupa dihelat di eks Karesidenan Semarang bertempat di Kabupaten Grobogan, Pati (Kudus), Surakarta (Boyolali), Kedu (Kebumen), dan Pekalongan (Pemalang). Kegiatan tersebut digelar secara maraton selama bulan Maret, yakni pada tanggal 9, 14, 16, 21, 23 dan terakhir 27 besok.


Nuansa Kota Lama


Musrenbangwil tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya tempat penyelenggaraan berada di pusat kota, kali ini dipilih lokasi yang memiliki romantisme kejayaan masa lalu.


"Dari berbagai pertimbangan oleh tim provinsi, terpilihlah Pendopo Kecamatan Banyumas yang berlokasi di kompleks Kantor Kecamatan Banyumas sebagai tempat perhelatan," kataEko Prijanto.


Pertimbangan tim provinsi, menurut Eko, karena Pendopo Kecamatan Banyumas lingkungannya dipandang sejuk, nyaman, serta relatif mudah untuk akses interaksi dengan masyarakat umum. Sebelum memimpin musyawarah, Gubernur Ganjar dijadwalkan mengunjungi stand pameran pembangunan di halaman Pendopo Kecamatan Banyumas.


Selain memberi pengarahan dan dialog dengan empat Bupati, Gubernur juga akan melakukanvideo converencedengan masyarakat Desa Patikraja.


Pada kunjungan ke Kota Lama Banyumas, Gubernur akan disambut tarian tradisonal dari siswa-siswi SMK 3 Banyumas dan Aeromodelling SMA 1 Banyumas.


Penulis: Administrator

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX