Lingkar Purwokerto

Rendahnya Pendapatan Retribusi Parkir Jadi Sorotan

Minggu, 7 April 2024 19.02

Suara Purwokerto -  Rendahnya realisasi pendapatan retribusi parkir jadi sorotan. Diperlukan pembenahan dan pengawasan partisipasi masyarakat guna mencegah kebocoran retribusi.

"Dari target Rp 9 miliar di tahun lalu, baru tercapai Rp 1,5 miliar," kata Amrin Ma'ruf, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Banyumas dalam diskusi 'Optimalisasi Pengelolaan Aset untuk Menunjang Pendapatan Asli Daerah', Minggu (7/4) di Aula Kelurahan Purwonegoro.

"Perlu ada pembenahan agar lebih optimal," kata Amrin menyayangkan belum tercapainya target realisasi tersebut. Menurutnya, perlu dilakukan  rapat bersama stakeholder membahas perparkiran. Seperti melibatkan Dishub, pengelola parkir, dan BKAD.

"Pihak yang terlibat dalam perparkiran perlu upaya bersama mengingkatkan pe ndapatan. Ini serius mengingat kota Purwokerto sering dibuat bercandaan 'Kota Seribu Parkir'," kata Amrin.

Selain Amrin, narasumber dalam diskusi tersebut adalah Ahmad Sabiq (akademisi Fisip Unsoed) dan Bambang Hariyanto (Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah). Diskusi yang digelar Minggu sore merupakan kelanjutan dari diskusi dengan tema serupa yang sudah digelar di Heterospace Bakorwil III, beberapa hari sebelumnya.

"Acara seperti ini untuk menggugah kesadaran politik masyarakat untuk turut partisipasi dalam pemanfaatan aset agar lebih optimal. Harapannya tidak ada aset pemerintah yang mangkrak, menganggur," kata pria yang akrab disapa BHB ini.

Sementara itu, Ahmad Sabiq dalam paparannya mencontohkan pengelolaan aset di Belanda. Di sana, kata Sabiq tidak ada aset yang tidak termanfaatkan.

"Pengelolaan aset bila dilakukan dengan model kerjasama misalnya pelibatan melalui pemberdayaan masyarakat atau keterlibatan swasta," kata Sabiq.

Acara yang dimulai sekitar pukul 14.30 berlangsung dengan gayeng. Acara diakhiri pukul 16.30 wib setelah dilakukan tanya jawab. (Hwo)

Penulis: Hawi

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX