Lingkar Purwokerto

PMI Banyumas Terjunkan 410 orang Relawan Siap Siaga di 4 Pos P3K

Minggu, 7 April 2024 16.15

Suara Purwokerto - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas menerjunkan total 410 orang relawan yang akan bertugas sebagai tim siaga pertolongan pertama pada pos mudik dan lebaran tahun 2024. 

Pada tahun ini PMI mengsiagakan 4 lokasi Pos Siaga pertolongan pertama, diantaranya di pos siaga wangon berada di depan MTs Ma’arif Wangon, Pos Siaga Sumpiuh berada di Taman Kota Kecamatan Sumpiuh, Pos Siaga Wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas bertempat di depan Gerbang Wisata Botani Baturraden, dan Posko Induk yang berada di Posko PMI Kabupaten Banyumas Jl.Kalibener No.15 Purwokerto.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas, Sadewo Tri Lastiono melalui Kepala Markas PMI Kabupaten Banyumas, Ariono menuturkan Pos Siaga Mudik dan Lebaran akan dilaksanakan selama 13 hari dari mulai tanggal 05 – 17 April 2024 di pos siaga wangon dan sumpiuh. Sementara untuk di pos siaga wisata berlangsung selama 5 hari dari 11 – 15 April 2024 dengan mengsiagakan 4 personil di masing-masing pos dan ambulans siaga 24 jam.

“Kegiatan ini sudah menjadi program rutin PMI setiap tahunnya, selain mensiagakan ambulan di setiap pos siaga PMI juga mensiagakan 12 personil di tiap pos yang akan berjaga 24 jam secara bergantian atau setiap siftnya diisi oleh 4 orang personil. Untuk tahun ini ada sedikit pergeseran lokasi yang biasanya ada di Kecamatan Kemranjen, tahun ini kita geser sedikit ke timur di Kecamatan Sumpiuh. Untuk 3 pos siaga yang berada di wangon, sumpiuh dan posko induk kita menggunakan anggaran secara mandiri menggunakan anggaran bulan dana PMI. 

Sementara untuk pos wisata kita disupport dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas (Dinporabudpar) Serta ada satu pos lagi yang dijalankan oleh ralawan KSR Unit UMP yang bekerjasama dengan pihak kampus UMP mendirikan di pintu masuk Masjid At Tajdiid Sokaraja.

Untuk para pemudik atau masyarakat yang sekiranya melintas melewati posko siaga PMI dapat beristirahat di posko siaga PMI, atau masyarakat yang membutuhkan bantuan pertolongan pertama dapat menghubungi Posko PMI Kabupaten Banyumas di nomor WhatsApp +6282220996343. 
(Sudi)

Penulis: Sudiarto

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX