Lingkar Purwokerto

Go Green Itu Harus Ditanamkan Pada Generasi Z

Kamis, 28 Maret 2024 16.05

Ribuan mahasiswa UMP saat akan berbuka puasa dengan konsep ramah lingkungan. ( foto: Mas Sal )

Suara Purwokerto - Badan Pusat Statistik (BPS) mengelompokkan generasi yang lahir pada tahun 1997-2012 merupakan Gen Z atau generasi Z yaitu mereka yang saat ini berusia antara 8 hingga 23 tahun. Generasi inilah yang dipandang penting untuk bisa terus mengkampenyekan Go Green agar mereka lebih sadar pentingnya ramah lingkungan. Go Green sendiri bisa diartikan sebagai cara mengubah gaya hidup menjadi lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. Gerakan lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengubah gaya hidup ini bisa dilakukan dengan mengurangi tingkat polusi dan sampah yang dibuang. Salah satu gerakan Go Green yang mudah dilakukan Gen Z adalah dengan mengurangi sampah plastic dalam kehidupan sehari-hari.

Go Green menjadi penting saat ini karena limbah plastic yang mudah ditemukan di banyak tempat dan bahan plastik sebagai pembungkus juga dengan mudah didapatkan, terutama di pasar-pasar tradisional.

Tentu saja keperihatinan kondisi ini membuat lebih dari 3000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan aksi Go Green dengan kemasan nuansa Ramadhan yaitu buka bersama dengan menekankan pentingnya kepedulian lingkungan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam buka bersama ini makanan yang disajikan dalam acara tersebut dibungkus menggunakan daun pisang yang ramah lingkungan.

·        Acara yang dilakukan di Auditorium Ukuhwah Islamiyah ini dipimpin oleh Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, yang menekankan pentingnya kepedulian lingkungan dalam kegiatan sehari-hari. Menurut  Jebul, acara ini adalah bagian dari upaya kampus untuk mendukung gerakan Go Green di lingkungan kampus.

"Hari ini, kami menandai buka bersama Go Green di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang diawali dengan ngaji bareng. Kami berbuka dengan makanan yang dibungkus daun pisang, dan tanpa air minum kemasan. Kami sediakan air gallon untuk isi ulang dan sementara para mahasiswa diwajibkan membawa tempat air dari rumah masing-masing yang bisa dibawa pulang kembali tempat air tersebut sehingga tidak menyebabkan sampah plastik. Kami mengajak teman-teman dari badan eksekutif mahasiswa dan lembaga mahasiswa lainnya untuk membentuk komunitas cinta lingkungan," ujarnya.

Dengan mengadopsi prinsip-prinsip Go Green dalam kegiatan sehari-hari, kampus berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga alam bagi keberlangsungan hidup manusia. ( Mas Sal )

Penulis: Mas Sal

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX