LINGKAR PURWOKERTO

Balitbang Kota Magelang Kunjungi Banyumas • Studi Komparatif tentang Inovasi Administrasi Negara

Saefudin , Suara Purwokerto |
Balitbang Kota Magelang Kunjungi Banyumas • Studi Komparatif tentang Inovasi Administrasi Negara

Suara Purwokerto - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka studi komparatif tentang program INAGARA atau inovasi administrasi negara, bertempat di Bagian Organisasi Setda, Jumat (10/1).

Rombongan dari Kota Magelang dipimpin Sekretaris Balitbang, Drs E Heny Asmoro MSi, dan diterima oleh Kasubag Ketatalaksanaan & Pelayanan Publik Setda Kabupaten Banyumas, Doddy Eka Sukardi Putra.

“Kami mendengar Kabupaten Banyumas telah melaksanakan program INAGARA  sesuai arahan Lembaga Adminsitrasi Negara RI,” kata Drs E Heny. 

Menurut Drs E Heny, tahun 2019-2020, Pemkot Magelang bermaksud melakukan inovasi di bidang pelayanan publik sehingga perlu memperoleh masukan dan referensi.

“Tadi kami memperoleh banyak informasi. Mudah-mudah apa yang kami dapatkan dari Kabupaten Banyumas dapat diimplementasiken di Kota Magelang,” kata Heny. 

Sekadar catatan, Pemkab Banyumas telah memperoleh penghargaan Inagara Award pada tahun 2017. Penghargaan ini diberikan Kepala Administrasi Negara (LAN) RI Adi Suryanto kepada Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein, bertempat di Gedung LAN RI Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Penghargaan itu diberikan kepada Pemkab Banyumas atas komitmen yang tinggi dalam pengelolaan inovasi pelayanan publik.

Sebelumnya, pada 15 Maret 2017, Bupati Banyumas melakukan MoU dengan Kepala LAN RI. Tindak lanjut MoU tersebut adalah terkumpulnya 143 ide gagasan inovasi dan tersusunnya 87 rencana aksi di bidang administrasi negara. (*)
Editor: Ismer