Lingkar Purwokerto

Paskibra Banyumas Mulai Latihan Intensif

Jumat, 3 Agustus 2018 14.45

Paskibra Banyumas Mulai Latihan Intensif

Suara Purwokerto - Sebanyak 35 pelajar yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).perwakilan berbagai SMA, SMK dan MA se Kabupaten Banyumas mulai melakukan latihan intensif, Jumat (3/8) di Alun-alun Purwokerto. Mereka akan bertugas sebagai pengibar dan penurunan bendera pada upacara hari ulang tahun ke 73 proklamasi kemerdekaan Repubik Indonesia 17 Agutus 2018 Tingkat Kabupaten Banyumas.

Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinporabudpar, R Susanto mengatakan, pelajar tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Seleksi dilakukan selama dua tahap. Tahap pertama dilakukan bulan Mei, lalu bagi siswa kelas XI sekarang, dan berhasil memilih 13 anak yang terdiri 7 putra dan 6 putri. Sedangkan tahap kedua dilaksanakan bulan Juli untuk siswa baru kelas X, dengan memilih 22 anak yang terdiri 15 putra dan 7 putri. Sehingga akan genap dengan formasi 13 putri dan 22 Putra.

“Latihan sudah dimulai sejak tanggl 1 Agustus di Komplek GOR Satria sedangkan latihan intensif di Alun-alun mulai Jum’at (3/8/2018),” katanya disela-sela latihan.

Santo menambahkan, dalam seleksi pihanknya memprioritaskan bagi sekolah yang memiliki organisasi pakibra disekolah dan mengikuti lomba lomba Tata Upacara dan Peraturan Baris Berbaris (TU PBB) yang digelar Dinporabudpar. Untuk pendidikan dan pelatihan anggota Paskibra Banyumas, penyelenggara menggandeng pelatih dari Kodim 0701 Banyumas dan Polres Banyumas. Mereka juga didampingi oleh Purna Pakibra Indonesia (PPI).

“35 calon Paskibra, 23 putra dan 12 putri, mengikuti tiga tahapan dasar mulai dari pengenalan baris–berbaris, pembinaan fisik dan pelatihan formasi. Selain itu, mereka juga dibekali pelatihan mental idiologi dan bela Negara, yang biasanya diberikan oleh Kaplres, Dandim dan lainya,” katanya

Sebelum latihan baris berbaris dan formasi dimulai, seluruh calon paskibra diwajibkan mengikuti apel pagi, berlari memutar alun-alun, senam.

“Push up dan sit up juga di berikan oleh pelatih untuk pembentukan fisik terhadap calon Paskibra,” tambahnya

Calon Paskibra ini akan melakukan latihan sampai dengan gladi bersih 16 Agustus, dan pada tanggal 15 Agustus akan dikukuhkan oleh Bupati menjadi Pasukan Pengibar Bendera.

Tanggal 15 nanti mereka sudah diasramakan sampai dengan tanggal 18 Agustus,” terangnya.

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX