Lingkar Purwokerto

Dosen ITTelkom Siapkan Akses Jurnal Gratis

Rabu, 25 Juli 2018 14.04

Dosen ITTelkom Siapkan Akses Jurnal Gratis

Suara Purwokerto PURWOKERTO : Dosen perwakilan dari dua fakultas yaitu FTE (Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro) dan FTII (Fakultas Teknologi Industri dan Informatika) tengah mempersiapkan layanan akses jurnal gratis di laboratorium pemograman gedung DC lantai 3 Institut Teknologi Telkom Purwokerto, pada hari Selasa (24/7). Akses jurnal gratis atau Open Journal System (OJS) merupakan salah satu bagian dari visi institusi untuk memberikan beragam informasi yang berkenaan dengan riset atau penelitian di bidang ICT dan Telematic di era keterbukaan informasi seperti saat ini.

Ketua LPPM Danny Kurnianto S.T M.Eng mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan semua sistem publikasi terkait dengan riset/penelitian – penelitian dari seluruh civitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto, baik dosen maupun mahasiswa terintegrasi dalam satu akses (website) secara terbuka.

“Sehingga jurnal/paper yang isinya terdapat deskripsi dari riset/penelitian para dosen dan mahasiswa akan dengan mudah diakses serta diunduh oleh masyarakat luas melalui sistem online dan gratis tentunya,” ungkapnya.

Danny menambahkan bahwa jurnal dengan berbasis OJS ini semuanya membahas mengenai penelitian/riset – riset yang berhubungan langsung dalam bidang Informatika, Telematika, Elektro, dan Industri Kreatif. 

“Ini berdasarkan pada kemampuan/spesialisasi lembaga yang mengedepankan teknologi untuk masyarakat (Bridging Technology for Humanity). Diharapkan dengan hadirnya OJS (Open Journal System) yang dimiliki oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto, bisa menjadi solusi atau pemecahan masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat. Dimana masyakat dewasa ini, sikap dan perilakunya semakin hari semakin memanfaatkan dan menggunakan industri teknologi sebagai salah satu bagian yang tak terlepasakan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto sebelumnya sudah terlebih dahulu memiliki layanan jurnal dengan nama Infotel. Layanan jurnal tersebut ada sejak Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) bernama Sekolah Tinggi Telematika Telkom Purwokerto (ST3).

Seiring berjalannya waktu ITTP membuat layanan OJS (Open Journal System) sebagai penerus dari keberadaan layanan jurnal Infotel yang lebih dulu ada. Dengan adanya OJS ini akan menambah semangat serta mendorong semua civitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto untuk terus mengembangkan riset – risetnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Open Journal System ini sudah bisa diakses melalui link berikut : Open Journal System

Dian Nurdiansah

Penulis: Dian Nurdiansah

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX