Lingkar Purwokerto

Calon Dewan Ambalan SMAN 1 Purwokerto Digembleng 4 Hari

Sabtu, 7 Juli 2018 09.19

Calon Dewan Ambalan SMAN 1 Purwokerto Digembleng 4 Hari

Suara Purwokerto : Calon Dewan Ambalan Pandawa – Srikandi SMA Negeri 1 Purwokerto digembleng selama 4 hari melalui kegiatan Gladi Wira Ksatria Indraprastha (GWKI). Kegiatan dilaksanakan Senin-Kamus (2–5/7/2018) di Lapangan Desa Tumiang Kecamatan Kebasen dan Kawasan Hutan Perbukitan Gunung Siluk Kebasen. 
Ketua Sangga Kerja M.Andhika Pratama mengatakan kegiatan diikuti 39 Calon Dewan Ambalan. Mereka wajib mengikuti kegiatan GWKI, dengan maksud dan tujuan memberikan pembekalan fisik, mental dan ketrampilan pribadi supaya terbentuk kekompakan, persaudaraan, kekeluargaan dan jiwa korsa di hati mereka ketika mereka nantinya menjadi Dewan Ambalan.
"Materi2018 meliputi Manajemen Perjalanan, Teori Pertolongan Pertama, Teori SAR Darat, Survival, Berbivak, Navigasi Darat, Peta Perjalanan, Peta Panorama, Praktek SAR Darat dan Evakuasi Korban, SAR Air dan Dinamika Kelompok," katanya
Pada pelaksanaan praktek kegiatan dipusatkan di Gunung Siluk Desa Kebasen untuk materi yang berhubungan dengan SAR Darat, sedangkan untuk Praktek SAR Air di Depo Pasir Sungai Serayu Desa Tumiyang. 
"Pada pelaksanana kegiatan tersebut, Instruktur dan Pendamping adalah dari TAGANA Kab. Banyumas, PMR SMA Negeri 1 Purwokerto, Pembina Gugus Depan dan Dewan Ambalan 2017/2018" tambahnya
Kegiatan GWKI di buka dan ditutup oleh Ketua Mabigus Gerakan Pramuka SMA Negeri 1 Purwokerto Mohammad Husain, S.Pd., M.Si. Dalam sambutannya Kepala Sekolah selaku Mabigus menekankan bahwa kegiatan ini merupakan proses kaderisasi di lingkungan Ambalan Pandawa – Srikandi, sehingga harapannya Peserta GWKI dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Dewan Ambalan kedepannya yang telah memberikan prestasi yang terbaik untuk SMA Negeri 1 Purwokerto. 
Di kesempatan tersebut, M. Husain juga memohon doa restu kepada seluruh peserta GWKI yang didampingi oleh orang tua peserta, bahwa Dewan Ambalan Pandawa – Srikandi akan mewakili Kwartir Cabang Banyumas pada kegiatan Gladi Widya Cakra Adhi Birawa (GWCAB) Tingkat Kwarda Jateng pada bulan Agustus mendatang.
Salah satu peserta Sekar Salsabila mengatakan kegiatan ini sangat menguras fisik karena selama kegiatan kami membawa perlengkapan terus menerus. Bahkan tidur pun kurang karena hampir tiap malam ada dievaluasi. 
"Namun bagi saya, kegiatan ini asyik dan bagus untuk meningkatkan kekompakan dan kekeluargaan diantara kita. Harapan saya setelah GWKI ini, kami menjadi semakin kompak, fisik kuat, jiwa korsa tumbuh dan kita lebih siap menjadi Dewan Ambalan” kata Sekar.
Pada akhir kegiatan dari 39 peserta, 12 peserta dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat, 2 peserta dipulangkan karena sakit pada malam hari pertama kegiatan. 25 peserta dinyatakan lulus GWKI sehingga berhak mendapatkan Brivet Kecakapan GWKI dan dilantik menjadi Penegak Bantara.
Heriana Ady Chandra

Penulis: Heriana Ady Chandra

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX