Lingkar Purwokerto

Plt Gubernur Ziarah ke Makam Dokter Angka

Selasa, 22 Mei 2018 11.55

PURWOKERTO – Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, melakukan ziarah ke salah satu tokoh pendiri Budi Utomo di Pesarean Kebutuh Sokaraja Kulon, Senin (21/5). Tokoh dimaksud adalah Raden Anggoro Kasih atau akrab disapa Raden Angka alias Dokter Angka.

Sebelumnya, Plt Gubernur menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Jawa Tengah yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Purbalingga. Dari Purbalingga, Plt Gubernur bersama rombongan langsung menuju Pesarean Kebutuh dan disambut Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono MSi.

Sebelum tabur bunga di pusara makam, dibacakan sejarah singkat Dokter Angka oleh protokol dari Bagian Humas Setda Kabupaten Banyumas. Berikut ringkasannya.

“Angka adalah akronim dari Anggoro Kasih. Ayahnya bernama Raden Prodjodiwiryo, asisten wedana di Madukara. Semasa kanak-kanak, Raden Angka tinggal bersama kakek dari garis ibu yang juga seorang Patih di Banyumas, yaitu Raden Santadireja. Pendidikan yang ditempuhnya  meliputi Holland Indische School (HIS) tujuh tahun, Hoogere Burger School (HBS) lima tahun. Setamat HBS, ia melanjutkan sekolah kedokteran di STOVIA Batavia (Jakarta). Di sela-sela kesibukan kuliah, Raden Angka sering berdiskusi tentang kondisi yang dihadapi bangsanya. Pada 20 Mei 1908, di Batavia berdiri sebuah organisasi bernama Budi Utomo. Dalam organisasi ini, Raden Angka ditunjuk sebagai bendahara. Pertimbangannya, posisi tersebut sesuai dengan sosoknya yang pendiam namun sangat cermat dan teliti.” 




Usai berdoa dan melakukan tabur bunga, Plh Gubernur meninjau pembangunan rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di RT 01 RW 01 Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja. Bantuan rehab RTLH berasal dari Bank Jateng dan diberikan kepada seorang pejuang veteran Basiran (72).




“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saat ini didampingi Plh Bupati Banyumas Pak Wahyu dan Pimpinan Bank Jateng, secara resmi menyerahkan bantuan rehab rumah dari Bank Jateng sebesar Rp 65.998.000,” kata Heru.




Plt Gubernur Heru berpesan agar rumah yang dibangun dipelihara dengan baik sehingga bermanfaat bagi anak cucu.




“Saya sangat berterima kasih atas kepedulian pemerintah kepada saya sekeluarga,” kata Basiran. (*)


Penulis: Akhmad Saefudin

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX