Lingkar Purwokerto

Pangdam IV/Diponegoro Beri Motivasi di SMA N 1 PURWOKERTO

Kamis, 14 Desember 2017 17.33

PANGDAM MENGINSPIRASI DAN MEMOTIVASI

Oleh : Mohammad Husain


Kehadiran Pangdam IV Diponegoro Mayjen Wuryanto, S. Sos.,M.Si.  di SMAN 1 Purwokerto pada hari Rabu 13 Desember 2017 disambut meriah oleh civitas akademika SMAN 1 Purwokerto . Kunjungan tersebut dikemas dalam program “ Alumni Mengajar”, karena beliau adalah alumni SMAN 1 Purwokerto tahun 1980. 
Dalam prosesi acara tersebut beliau diiringi oleh 4 Polisi Militer, 20 pasukan paskibra dan 19 penari gambyong menuju lapangan upacara. Di lapangan upacara beliau disambut oleh 1170 siswa dengan menyanyikan “Tanah airku” dilanjutkan dengan penampilan 19 penari gamyong serta demonstrasi Paskibra SMAN 1 Purwokerto yang menjuarai event di tingkat Jawa Tengah, DIY dan Jawa Barat.
Di Lapangan upacara acara beliau memberikan  Salam Sapa, beliau menyampaikan salam hangat kepada semua siswa,guru –guru dan juga para alumni 80. Beliau menyampaikan apresiasi kepada tim tari dan Paskibra yang telah menunjukkan kebolehannya yang luar biasa. 


Dalam acara” Alumni Mengajar” beliau menyampaikan paparan “ Mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa Pemenang Kompetisi Global”. Ungkap beliau Indonesia merupakan negara yang cantik untuk diperebutkan bangsa dunia karena memiliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa. Kekayaan kita bisa menjadi petaka. Indonesia yang memiliki ribuan pulau, bermacam-macam suku, agama dan bahasa sangat rentan dipecah belah oleh bangsa lain untuk mendapatkan kekayaan dan keuntungan. Beliau menyampaikan fakta-fakta banyak negara yang telah pecah bahkan termasuk negara besar seperti Rusia. Bagaimana dengan Indonesia?... Beliau mengingatkan kembali pada pentingnya Menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang bersumber dari budaya bangsa. Kita harus hati-hati dan waspada adanya “Proxy War”yang dapat mengguncang persatuan dan keutuhan NKRI melalui provokasi-provokasi yang mengadu domba. Kita akan tetap menjadi pemenang jika pluralitas yang ada di Indonesia harus dibingkai dalam “Bhineka Tunggal Ika” dan Pancasila tetap menjadi dasar negara kita. Selain itu beliau juga memberikan makna pentingnya bonus demografi “Indonesia Emas” tahun 2045.  Siswa harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi manusia produktif yang memiliki kemampuan daya saing global. 

Setelah di buka forum tanya jawab ada siswa yang bertanya tentang apa resep kesuksesan yang bapak raih sampai sekarang menjadi Pangdam. Beliau menjawab bercita-citalah yang tinggi, kemudian tirulah dan posisikan diri Anda untuk menjadi yang Anda cita-citakan. Misalnya beliau bercita-cita menjadi Panglima TNI, maka beliau akan memposisikan diri untuk selalu disiplin, bertanggung jawab, selalu meningkatkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi Panglima TNI.Kemudian beliau juga berharap kepada siswa untuk menghayati, dan mengimplementasikan Visi sekolah SMAN 1 Purwokerto yaitu “Takwa Unggul Berbudaya dan Berwawasan Lingkungan” itusudah sangat cukup untuk menjadi manusia yang hebat, sebagai pemenang dalam kompetisi global.

Penulis: M Husein ( Kepala SMA N 1 Purwokerto)

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX