LINGKAR PURWOKERTO

Bupati Banyumas Canangkan Restorasi Sungai

Tommy, Suara Purwokerto |
Bupati Banyumas Canangkan Restorasi Sungai

 Purwokerto - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, melibatkan ribuan relawan guna melakukan kegiatan bersih-bersih sungai dalam kegiatan pencanangan restorasi sungai (Minggu, (3/12). Kegiatan Pencanangan Restorasi Sungai dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein di Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Sungai Kranji Purwokerto.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Irawadi, mengatakan, ribuan relawan bersih-bersih sungai tersebut berasal dari seluruh komponen masyarakat. Di antaranya mulai dari masyarakat umum, PNS , TNI, Polri, LSM, mahasiswa, pelajar dan juga relawan peduli sungai (Pesung).

Kegiatan merestorasi sungai menurut Irawadi merupakan upaya untuk mengembalikan dan memulihkan fungsi sungai menjadi salah satu tempat yang alami, bersih, sehat bermanfaat dan berkelanjutan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhan cinta air dan sungai serta masyarakat sadar akan kebersihan sungai sehingga akan menjadi penjaga sungai. 

“Kegiatan bersih sungai hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Banyumas. Diantaranya Sungai Kranji sekitar SMP N 1 Purwokerto, Sungai Bener Komplek Sriratu, Sungai Banjaran sekitar Musium BRI, Sungai Kaliputih Sekitar Rodamas, Sungai Bakal Komplek Sekitar Rumah Sakit Sinar Kasih, Sungai Pengarengan Komplek RRI, Sungai Logawa Cilongok, Sungai Datar Ajibarang, Sungai Berem Wangon, Sungai Pelus Sokaraja, Sungai Tembelang Banyumas dan sungai Sumpiuh,” kata Irawadi

Irawadi menambahkan kepedulian masyarakat Banyumas akan peduli sungai mendapat apresiasi yaitu tercatat terbaik ke 51 se Indonesia dank e 4 di Jawa Tengah  

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan kegiatan merestorasi sungai ini adalah bagian untuk melestarikan sungai menjadi salah satu tempat yang alami, bersih dan bisa dinikmati banyak orang. 

“Kita terus berupaya dan terus menata sungai serta mengembalikan fungsi sungai agar terhindar dari pencemaran. Dengan gerakan restorasi sungai dan berkumpulnya semua komunitas peduli sungai, pimpinan organisasi daerah (OPD) dan akademisi pada gerakan ini, diharapkan semua akan peduli terhadap kebersihan sungai,” papar Husein

Bupati juga akan terus mendorong berbagai pihak untuk menyukseskan gerakan ini. Restorasi ini memerlukan keterlibatan aktif masyarakat, pemerintah, korporasi dan pihak swasta lainnya.

Sebelum melakukan bersih sungai Bupati Banyumas menyerahkan alat kerja kepada perwakilan serdadu sungai, polisi sungai, cendekia sungai, penjaga sungai, pemerhati sungai dan srikandi sungai. 

Pencanangan dituangkan dalam pesan pesan perwakilan para peserta aksi pada kain putih yang telah disiapkan oleh penyelenggara.

Parsito
Editor: