LINGKAR PURWOKERTO

STIMIK Amikom Juara Krenova Banyumas

Administrator, Suara Purwokerto |
STIMIK Amikom Juara Krenova Banyumas

Suara Purwokerto -Auto Tech (Automatic Elektronik Scarescrow Technologi) karya Muhammad Taufik Nur Hidayat dkk dari STIMIK Amikom Purwokerto, menjadi juara pada lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Keanova) Banyumas Tahun 2017. Pada akhir gelalaran yang berbarengan dengan Festival Kinerja Pembangunan tersebut, Tim yang dipimpin oleh Taufiq ditetapkan menjadi yang terbaik. Pengharggan diserahkan langsung oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein.

Menurut Taufiq, Auto Tech merupakan alat yang diciptakan untuk pengusir burung dan tikus yang diatur secara otomatis. Cara kerja dengan menggunakan otomatisasi setiap lima menit alat berkerja, kemudian lima menit berikutnya berhenti dan seterusnya.

“Alat ini secara otomatis akan menggerakan tali pengusir burung atau tikus, setiap lima menit. Karena masih menggunakan accu, alat ini baru dapat berkerja 8 jam sehari,” tambahnya.

Menurut Taufiq, dirinya terinpirasi dengan alat ini, karena banyak petani yang panennya kurang maksimal, karena dimakan burung dan tikus. 

“Alat ini juga dapat menghemat tenaga petani, karena tidak harus menunggui sawah sepanjang hari, sehingga bisa untuk beraktifitas yang lain,” katanya.

Kepala Bappedalitbang Bannyumas Eko Prijanto, mengatakan Lomba Krenova diselenggarakan dalam upaya mengembangkan sikap kreatif dan inovatif di tengah masyarakat. Kegiatan itu merupakan suatu ajang guna mengakomodir semangat berkreasi dan berinovasi dari kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi yang dilaksanakan masyarakat. 

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Kabupaten Banyumas kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

“Pengembangan kreativitas dan kemampuan inovasi dari masyarakat umum terbukti telah dapat menghasilkan berbagai produk industri/rekayasa yang cukup potensial, yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat perlu dipacu agar lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi  secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan,” katanya

Eko menambahkan ada 3 (tiga) pemenang yang ditetapkan oleh Tim Kabupaten Banyumas tahun ini, ketiganya akan diikutkan pada lomba kreanova tingkat Provinsi.  

“Ketiga pemenang akan kita kirimkan ke tingkat provinsi yang biasanya dilaksanakan bulan Februari atau Maret, namun harus menyesuaikan kriteria yang ada, karena setiap tahuna tema berubah,” tambah Eko

Ketiga pemenang tersebut yaitu Juara I “Auto Tech”, karya Muhammad Taufik NH, Juara II “Spray Aspal”  karya Pramono Hadi dan “Avipodes” karya IVO A dan Juara Favorit Pembangunan Yang Nyata karya Satrio Bagus Iman N.

Parsito
Editor: