Lingkar Purwokerto

SMAN Baturraden Selenggarakan Kemah

Minggu, 12 November 2017 14.13

Suara Purwokerto - Gerakan Pramuka Gugus Depan Gatot Subroto Cut Mutia pangkalan SMA Negeri Baturraden, menggelar kegiatan perkemahan penerimaan anggota ambalan pramuka penegak selama dua hari, Jumat-Sabtu (10-11/11) di halaman sekolah setempat. Kegiatan dibuka kepala sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan (Mabigus) Siti Isbandiah. 

Dalam sambutannya, Mabigus mengatakan SMA N  Baturraden sangat medukung perkemahan ini sebagai bentuk pembelajaran nilai-nilai kepramukaan, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, keberanian dan ketangkasan.

"Bagi anggota Pramuka, kegiatan perkemahan ini akan menjadi wahana menempa kepribadian kalian," pesan Siti. 

Perkemahan diikuti 317 calon anggota ambalan, 49 Dewan Ambalan dan didampingi oleh para Pembina. Acara juga dihadiri pengurus ranting dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Kecamatan Baturraden. 

Ketua Gugus Depan (Gudep) Mariyati, mengatakan kegiatan perkemahan merupakan proses atau tradisi pramuka di Gudepnya sebagai langkah awal dalam melatih kedesiplinan, kepemimpinan dan kerja keras. Mereka dilatih bukan lagi sebagai pramuka peggalang tetapi dididik menjadi pramuka penegak yang tanggap, tangkas, disiplin, kreatif dan kritis terhadap setiap permasalahan.

“Sebelum diterima resmi menjadi anggota ambalan, mereka telah melalui proses pendidikan dan pelatihan penegak, mulai dari penerimaan tamu ambalan, dan proses pendidkan dan kecakapan umum selama lebih dari 3 bulan,” kata Mariyati

Sementara itu Pradana Putra, Galih Dwi Prakas Prasetyo menambahkan bahwa rangkaian kegiatan dimulai dari penyerahan benda adat, Tes SKU, pengenalan ambalan, sosialisasi wawasan nasionalisme dan patriotisme melalui film kepahlawanan, pentas seni, api unggun, renungan dan edukasi gembira.

“Dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan mereka resmi menjadi keluarga besar Ambalan Gugus Depan Gatot Subroto Cut Mutia sehingga diharapkan mempunyai tangung jawab dalam pelaksanaan pendidikan kepramukaan dan prestasi pramuka SMA N Baturraden,” katanya.

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX