Lingkar Purwokerto

1113 Calon Jamaal Haji Banyumas Ikuti Manasik

Kamis, 13 Juli 2017 14.56

Suara Purwokerto -  Menjelang keberangkatan calon jemaah haji tahun 2017 ke tanah suci, sebanyak 1113 calon jemaah haji asal Kabupaten Banyumas, melakukan bimbingan manasik haji Kamis (13/7) di GOR Satria Purwokerto. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas, dan dipandu oleh Kementrian Agama Kabupaten Banyumas. 
 Bupati Banyumas saat membuka acara mengatakan melalui praktek manasik haji ini, para jamaah bisa mempraktekan semua pengetahuan yang telah diterima dalam bimbingan manasik haji tahap I dan II yang dimulai pada tanggal 22 mei 2017, sehingga diharapkan jamaah siap dan mandiri dalam melaksanakan seluruh kegiatan ibadah haji dengan baik dan benar serta khusyuk, serta memperoleh Predikat haji mabrur sepulang dari tanah suci.

Menurut Bupati jama’ah calon haji telah mendapat pembekalan secara teori tentang manasik haji sesuai dengan rukun-rukunnya, persyaratan wajib, sunah maupun hal-hal yang boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji, termasuk tempat-tempat yang akan dikunjungi dan amalan apa yang harus dikerjakan pada lokasi tersebut. 

“Namun demikian, mungkin masih ada diantara Bapak / ibu jamaah calon haji yang kurang jelas, dan oleh karena itulah pada hari ini dilaksanakan Praktek manasik haji. Melalui praktek manasik inilah diharapkan bapak / ibu mendapat gambaran dan pemahaman secara jelas tentang prosesi haji dan umrah serta pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, mulai dari memakai kain ihrom, niat, thowaf, sa’i, saat wukuf di arofah, saat melempar jumroh, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya,” kata Bupati

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatihkul Iksan mengatakan kegiatan dilaksanakan oleh Pemkab Banyumas sebagai pelayanan kepada para Jamaah Haji. Fatikhul menambahkan, selain manasik hari ini, Pemkab memfasilitasi jamaah calon haji, untuk melakukan pamitan dan silaturahin dengan Bupati dan Forkompinda pada Kamis (20/7) di Pendopo Sipanji. 

Sedangkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama Kabupaten Banyumas Amirudin menjelaskan, manasik haji ini para jemaah sudah dikelompokkan sesuai kloter, regu dan rombongan seperti pada saat pelaksanaan haji nantinya.  Dari1113 Calon haji tersebut akan diberangkatkan dengan 4 kloter yakni kloter 4, 46, 47, dan 48. Kolter 4 dan 47 masing-masing 355 jamaah semua dari Kabupaten Banyumas. Sedangkan Kloter 46, 273 jamaah akan bergabung dengan jamaah Calon Haji dari Cilacap dan Kloter 48 sejumlah 130 jamaah akan bergabung dengan jamaah asal Karesidenan Pekalongan.

 “Jemaah Haji asal Kabupaten Banyumas, Kloter 4 dijadwalkan berangkat menuju embarkasi Adi Sumarmo Solo pada tanggal 27 Juli dari Halaman Pendopo Sipanji, sedangkan kloter 46,47 dan 48 akan diberangkatkan dari Banyumas tangal 10 Agustus mendatang” tambah Amir.

Quota Haji Banyumas Bertambah

Tahun 2016 Banyumas memberangkatkan 865 Haji. Tahun 2017 ini bertambah menjadi 1112. Menurut Amirudin penambahan kuota haji tahun ini sebenarnya adalah pengembalian ke kuota awal sebelum adanya pengurangan 20 persen.

“Dengan adanya penambahan kuota haji Banyumas, akan mengurangi deretan panjang daftar tunggu yang mencapai‎ angka 24 tahun kini menjadi 19 tahun,” ujarnya

Penulis: Tommyh

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX