Lingkar Purwokerto

Latihan Masak Makanan Layak Jual di SMK N 3

Jumat, 17 Maret 2017 13.24

Suara Purwokerto - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermadesd) bersama Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Pelatihan Memasak Makanan Layak Jual, Kamis (16/3) di SMK Negeri 3 Purwokerto. Kegiatan dibuka oleh Ketua TP PKK Erna Sulistyawati Achmad Husein. 

Ketua Panitia Ny Ngatiatun Santoso mengatakan, peserta perlatihan sebanyak 40 peserta terdiri dari kader PKK Kecamatan dan Kader PKK Kabupaten. Sedangkan  tujuan kegiatan untuk menambah pengetahuan kader PKK dalam menciptakan kreatifitas keanekaragaman makanan.

Selain itu juga meningkatkan kualitas dan mutu makanan kemasan dalam hal pengolahahan dam penyajian, katanya

Ngatiatun menambahkan, pemateri berasal dari Tim Pengajar dari SMK Negeri 3 Purwokerto untuk praktek olahan makanan, Dinas Kesehatan untuk materi keamanan dan kesehatan makanan serta Disperindag untuk materi pemasaran dan packing.  

Ketua TP PKK Ny Erna Husein dalam sambutannya meminta agar kegiatan, tidak boleh berhenti pada saat dan hanya pada peserta yang hadir ini saja. Namun harus berkembang setelah acara ini selesai dan ditularkan kepada ibi-ibu rumah tangga yang ada di lingkungan masing-masing sehingga nantinya ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Banyumas mampu menggunakan waktu luang untuk berkreasi menciptakan menu-menu makanan baru bagi keluarga.

Setelah pelatihan diharapkan dapat menciptakan menu makanan untuk kegiatan usaha yang dapat menambah income keluarga karena kegiatan ini memiliki peluang usaha yang sangat baik, kata Erna.
 Erna percaya bahwa sebagai ibu, para peserta sudah memiliki ketrampilan masak-memasak karena otodidak. Namun dengan pelatihan semacam ini akan menjadikan ketrampilan memasak bukan hanya asal matang dan enak, tetapi dilihat dari berbagai aspek baik kesetahan, cara penyajian dan packing serta bahan yang aman untuk dikonsumsi dan layak jual.

Dahulu keterampilan memasak hanya dipandang dengan sebelah mata karena dianggap tidak potensial, akan tetapi dengan kondisi perekonomian sekarang ini peluang membuka usaha yang paling cepat untuk mendapatkan penghasilan adalah dari usaha boga, tambahnya.

Afiliasari

Penulis: Afida

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX