Lingkar Purwokerto

PKK Banyumas Dinilai Tim Propinsi

Rabu, 7 Desember 2016 19.37

PURWOKERTO : Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Banyumas mendapat evaluasi dan pembinaan dari TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/12) di Sektretariatnya Jl. Masjid Purwokerto. Evaluasi terhadap pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Banyumas dipimpin oleh Ketua Pokja II Prof Dwi Sunarti. Kedatangan Tim evaluasi yang berjumlah 9 orang, diterima secara langsung oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, Ny. Erna Sulistiawati Achmad Husein beserta pengurus.

Dalam sambutannya Bupati Banyumas  menyampaikan ucapan selamat datang pada Tim dari Provinsi Jawa Tengah,  serta berharap kepada tim, dapat memberikan motivasi kepada jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas untuk lebih giat mengabdi demi kesejahteraan keluarga dan masyarkat. 

Kami persilahkan Bapak Ibu untuk mengevaluasi secara cermat, dan kepada pengurus PKK kami minta untuk dapat memberikan informasi yang sejujur-jujurnya, karena menang bukanlah tujuan. Namun kalau ditanya tentang komitmen, jangan ragukan, karena dalam setiap langkah, keberadaan PKK hampir selalu ada di setiap bidang pembangunan, maka kami mendukung penuh PKK,” kata Bupati 

Tim melakukan evaluasi dengan mengadakan wawancara kepada seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Banyumas, mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta para Ketua Pokja I, II, III dan IV.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Ny. Erna Husein  dalam paparannya menyampaikan, berbagai kegiatan telah dilakukan Tim Penggerak PKK kabupaten Banyumas dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Banyumas. 

“Kegiatan yang dilakukan Pokja I antara lain, program penghayatan dan pengamalan Pancasila dengan melaksanakan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan ceramah kerohanian antar organisasi wanita, simulasi PAAR dan KDRT, cerdas cermat Kadarkum, Dialog interaktif tentang ODHA”, kata Ketua TP PKK.

Serangkaian kegiatan juga dilakukan oleh Pokja lain seperti, bimbingan teknis administrasi Pokja, bimbingan teknis pengelolaan UP2K dan pelatihan ketrampilan. “Pada kegiatan ini juga dilakukan pameran produk kerajinan dari Ibu PKK dan binaanya,” tambah Ny Erna Husein.

Sementara itu, Ketua Tim, Prof Dwi Sunarti, menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Banyumas serta evaluasi yang dilakukan di Kabupaten Banyumas dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana 10 program pokok PKK dan tertib administrasi PKK benar-benar dilaksanakan serta berharap kebersamaan dengan SKPD. TP PKK diharapkan semakin berperan baik untuk kepentingan masyarakat Banyumas serta ditekankan untuk membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Banyumas dipastikan menjadi Juara, karena setelah melalui proses penilaian administrasi TP PKK Banyumas masuk 6 Besar, sedangkan penilaian akhir ini, akan dipilih Juara 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 3,” kata Dwi Sunarti

Pada akhir kegiatan Ny Erna Husein mengaku bangga, bahwa PKK Banyumas, pada tahun ini bisa masuk enam besar setelah sekian tahun, tidak masuk babak evaluasi kunjungan lapangan. “Tentu kita berharap hasil terbaik, namun yang lebih penting adalah bersama-sama pemerintah, membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Banyumas,” pungkasnya




Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX