Profil

Mengenal Lebih Dekat Asrama Yatim Mandiri Purwokerto

Rabu, 9 Agustus 2023 20.37

Mengenal Lebih Dekat Asrama Yatim Mandiri Purwokerto

Suara Purwokerto - Asrama Yatim Mandiri Purwokerto merupakan salah satu program unggulan di bidang pendidikan yang dihadirkan Yatim Mandiri Purwokerto. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak binaan baik akademik, agama, atau bakat di bidang lainnya.
Kepala Cabang Yatim mandiri Purwokerto Akhmad Mujib mengatakan Asrama Yatim Mandiri Purwokerto berdiri di atas bangunan rumah wakaf yang berasal dari donatur. Dipergunakan untuk tempat belajar, mengaji, dan pembinaan karakter anak binaan, beralamat di Jl. Sunan Ampel No.18B, Dusun IV, Tambaksogra, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
"Tak hanya fokus pada akademik, Asrama Yatim Mandiri Purwokerto ini juga membekali anak binaan dengan ilmu agama dibuktikan dengan aktivitas seperti sholat tahajud, hafalan, dan tilawah Al-Qur’an. Pembacaan Al-Matsurat, puasa sunnah rutin Senin dan Kamis, tahsin, serta madin," katanya.
Asrama Yatim Mandiri Purwokerto juga memiliki aktivitas rutin yang dilakukan setiap bulannya yakni rihlah atau wisata edukasi, cerdas menanam dan merawat tanaman (berkebun), sedekah ceria, Fun cooking dan Pulang ke rumah untuk menjenguk Ibunda masing-masing.
"Mengadopsi model pembinaan dan pengasuhan, Asrama Yatim Mandiri Purwokerto ini berbasis keluarga yang mana kepala asrama menjadi pengganti dari orang tua mereka. Asrama Yatim Mandiri Purwokerto ini mempunyai visi yang mulia yakni “Menyiapkan Generasi Mandiri dan Berprestasi,” jelas Akhmad Mujib
Selama pendidikan berlangsung, anak-anak binaan Asrama Yatim Mandiri Purwokerto ini mendapatkan beasiswa penuh dan tidak membayar uang sedikit pun. Fasilitas yang diberikan yakni biaya selama pendidikan, tempat tinggal (asrama), makan dan minum, kesehatan, alat sekolah, seragam, dan tabungan dalam jumlah jutaan rupiah yang diberikan pada akhir masa pendidikan. Harapan dari hadirnya Asrama Yatim Mandiri Purwokerto ini adalah menjadi cikal bakal lahirnya generasi yang mandiri, mempunyai akhlakul karimah, mencetak prestasi setinggi mungkin, dan bermanfaat untuk banyak orang. Disisi lain, program baik ini juga upaya Yatim Mandiri untuk mengurangi angka anak yatim piatu yang terlantar dan kurang mendapatkan perhatian yang layak.
"Dengan berdirinya Asrama Yatim Mandiri Purwokerto, diharapkan akan memberikan kesempatan bagi anak-anak yatim piatu untuk mendapatkan pendidikan dan pengasuhan yang berkualitas serta kasih sayang yang mereka butuhkan," lanjutnya
Selain itu, Asrama Yatim Mandiri Purwokerto juga berfungsi sebagai tempat bagi para anak yatim piatu untuk mengembangkan potensi diri dan bakat yang dimiliki, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang produktif dan mandiri.
"Melalui program-program pendidikan, pelatihan, dan pembinaan yang holistik, Asrama Yatim Mandiri Purwokerto berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan fisik, mental, dan spiritual para anak yatim piatu. Sehingga, diharapkan mereka dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan masa depan," pungkasnya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX