Profil

Sosok Muda Inspiratif Afriendi Sikumbang, SH.I, MH

Selasa, 15 Agustus 2017 21.42

Suara Purwokerto - Tokoh Muda Sumatera Barat Dengan Prestasi Gemilang


Afriendi Sikumbang, SHI,MH  adalah tokoh muda Sumatera Barat. Lahir di kampung  korong Koto Buruak Nagari Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.pada tanggal 19 April 1980 dari pasangan Bustami Dt.Rangkayo Mulie dan Asmawati pada tanggal 19 April 1980.

Sejak kecil sudah terbiasa mendapat didikan agak keras dan tegas dari sang Ayah, maklum orang tua yang hanya berprofesi sebagai petani  mempunyai harapan tingii agar kelak anaknya harus menjadi orang sukses. 

Disamping keras dan tegas, Afriendi juga dididik dengan dasar agama dan nilai adat yang berlaku dikampung apalagi sang ayah adalah seorang penghulu adat bersuku Tanjung dikenagarian tersebut. 

Hal inilah yang memacu semangat Afriendi Sikumbang atau Andi panggilan sehari-hari, berkejar dengan waktu seolah-olah tidak mau usia habis sia-sia dan mengejar cita-cita yang diharapkan. 


Banyak mimpi yang ingin diraihnya  mulai ingin jadi politisi, pengacara, akademisi bahkan bercita-cita juga jadi pengusaha.Sangat wajar bagi anak-anak muda mempunyai keinginan dan cita-cita yang begitu banyak karena masa muda sedang tumbuh membangun kehidupan nan cemerlang buat masa depan


Maka tidak heran ketika kuliah pernah tinggal dimasjid, dan berjualan telur puyuh dikampus serta pernah punya usaha rental komputer ketika mau menyelesaikan kuliah. Fungsi seperti barangkali tidak dilakukan kebanyakan mahasiswa lainnya. 

Demi mencapai mimpi itu, pria yang saat ini sedang mengambil Program Doktor Ilmu Hukum pada fakultas Hukum Universitas Andalas ini telah mengenyam pengalaman yang cukup panjang di berbagai organisasi pengkaderan dan massa. 

Sejak belajar di Perguruan Thawalib Padang Panjang telah aktif pada organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) di Kota Padang Panjang, saat kuliah di Fakultas Syariah IAIN IB Padang pernah aktif sebagai Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Padang. 

Kemudian bergabung dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) bahkan akhirnya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang PMII Sumatera Barat. 


Sampai saat ini aktif sebagai Wakil Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat. Mewujudkan mimpi menjadi akademisi dia juga aktif sebagai Sekretaris Lembaga Pendidikan Tinggi NU (LPTNU) Sumatera Barat, melalui lembaga ini mendapat amanah dari PWNU untuk mengurus berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat pada tahun 2014 yang lalu. 

Tidak hanya di lembaga pendidikan tinggi, pria suka humor ini juga aktif dibeberapa organisasi advokat diantaranya pernah menjadi Pengurus Wilayah Konggres Advokat Indonesia (KAI) Sumatera Barat, menjadi Wakil Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Cabang Padang .

Dan saat ini dipercaya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Sumatera Barat, dibidang dunia usaha dan bisnis pria magister bidang hukum pidana ini dipercaya sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Sumatera Barat organisasi pengusaha muda NU. 


Dengan ragam talenta dan pengalaman organisasi yang cukup banyak ini dia dianggap punya jaringan organisasi yang kuat baik daerah maupun nasional. Modal kemampuang ini yang mengantarkannya mencapai sebagian mimpi-mimpi yang diharapkan. 

Selain dikenal sebagai advokat, dia juga mengemban amanah negara sebagai komisioner dan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Barat untuk periode 2014-2017 lembaga negara independen dibidang penyiaran. 

Mewujudkan minatnya sebagai akademisi pria ini juga aktif sebagai dosen tidak tetap dibeberapa kampus seperti aktif di Fak Syariah/Hukum IAIN/UIN IB Padang, Akpar Paramita Bukittinggi, dan terakhir ikut membidani lahirnya Universitas NU Sumatera Barat di Kota Padang Sumateta Barat. 

Namun dalam perjalanan tampakya mimpi sebagai poitisi belum dapat diwujudkan,walau terbilang belum berhasil dibidang politik, namun tidak menyurutkan langkah candidat doktor hukum ini untuk tidak lepas dari aktifitas soisal dan pemberdayaan masyarakat dengan mendirikan Yayasan Amal Saleh Nusantara, badan hukum nirlaba yang bergerak dibidang pendidikan, advokasi hukum dan pemebrdayaan sosial masyarakat. 

Beberapa pengalaman pekerjaan yang pernah dijalankan antara lain menjadi penyuluh agama, Panitia Pemilihan Pemilu Kecamatan,Program Officer SCDRR UNDP, asisten advokat, Direktur program LSM GAN kerjasama AIA Financial dll.


Sumber :

Lembaga Suara Kampus di IAIN IB
Wawancara langsung via inbox dengan Afriendi Sukumbang SH.MH pada tanggal 18 September 2016

Penulis: Kang Mul

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX