Politik

Sah, 27 November Jadi Hari-H Pilkada 2024

Senin, 1 April 2024 08.57

Suara Purwokerto
YOGYAKARTA – Tanggal Pilkada serentak Tahun 2024 sudah dipastikan akan digelar hari Rabu, tanggal 27 November 2024. Kepastian ini ditegaskan dalam acara Kick Off atau Peluncuran Pilkada 2024 yang dilakukan KPU RI secara nasional di Yogyakarta, 31 Maret 2024, semalam. Termasuk Banyumas, akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati di tanggal tersebut. Waktu bersamaan pula, dilakukan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Acara peluncuran yang dilakukan di halaman Candi Prambanan dihadiri seluruh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Indonesia. Juga dihadiri menteri/pimpinan Lembaga negara, beberapa gubernur dan bupati.

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari dalam sambutannya mengawali ucapan terima kasih kepada para penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah serta stakeholder yang Bersama-sama telah menyukseskan Pemilu 2024. Kemudian, pria alumnus S1 Fakultas Hukum Unsoed ini mengajak agar penyelenggara pemilu dan stakeholder di provinsi, kabupaten dan kota Kembali bersinergi untuk menyukseskan Pilkada 2024.

“Salah satu tujuan pemilu adalah untuk membentuk pemerintahan, yakni pemerintah pusat dan daerah. Kemarin melalui Pemilu 2024 sudah kita gelar pemelihan eksekutif dan legislatif pusat, serta legislative daerah yakni Provinsi dan Kabupaten. Tinggal Pilkada 2024 untuk memilih pimpinan eksekutif daerah,” kata Hasyim.

Pada kesempatan ini, Hasyim menegaskan kepada jajarannya untuk menuntaskan tugas yang diberikan untuk menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan baik. 

“Bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan dan berpegang teguh pada kode etik. Wujudkan etos kerja dengan azas professional, bertanggungjawab, akuntabel, terbuka, transparan, dan bekerja dengan penuh integritas,” kata Hasyim.

Tidak kalah penting, Hasyim berpesan untuk memperkuat legitimasi Pilkada 2024 dari sisi proses dan hasil. Caranya dengan berkordinasi dengan pemda, kepolisian, TNI, pengadilan, serta stakeholder dapat bekerja dengan baik. Termasuk mengelola keuangan yang bersumber dari APBN dan APBD dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai tanda peluncuran tanggal Pilkada 2024, secara simbolis dilakukan penekanan tombol oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan dua orang anggota KPU, Idham Holik dan Yulianto Sudrajat serta Sekretaris Jenderal KPU RI. (*)

Penulis: Hawi

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX