Nasional

Pakar Unsoed Yakin Ketegangan Konflik Iran-Israel Tak Akan Meningkat

Rabu, 17 April 2024 08.20

Dr.Agus Haryanto

Suara Purwokerto - Serangan drone oleh Iran ke Israel secara singkat menaikkan tensi ketegangan di Timur Tengah. Namun menurut dosen hubungan internasional FISIP Unsoed, Dr.Agus Haryanto, eskalasinya tidak akan meningkat.

Ada beberapa alasan yang membuat Agus yakin eskalasinya tak akan meningkat. Pertama, pernyataan Presiden Amerika Serikat bahwa mereka tidak akan membantu Israel melakukan serangan offensif ke Iran. AS hanya akan membantu Israel menahan serangan-serangan dari Iran. Alasan kedua, Iran memberikan peringatan sebelum meluncurkan serangan. 

“Hal ini mengindikasikan Iran hanya melakukan gertakan ke Israel, dengan tidak menunjukkan intensi untuk menyerang secara total,” papar Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) ini.

Namun begitu, lanjut Agus, situasi di Timur Tengah masih sangat dinamis. “Situasinya tergantung pada bagaimana respon Israel atas serangan tersebut. Jika Israel berani membalas serangan Iran, maka kemungkinan Iran akan melancarkan serangan yang lebih besar lagi. Hal ini akan memicu naiknya ketegangan,” ujar mantan Ketua Jurusan Hubungan Internasional Unsoed ini.

Agus berharap semua pihak menahan diri. “Dan Indonesia bisa berperan aktif, dengan misalnya loby ke pihak terkait seperti Iran dan Amerika Serikat, agar menahan diri. Perang apapun, meski tidak melibatkan kita secara langsung, dampak ekonominya pasti akan terasa.” (ES)

Penulis: Agus Haryanto

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX