Nasional

Kementerian Koperasi dan UKM Kawal Pelaku UMKM Banyumas Naik Kelas Jadi Pelaku UKM

Senin, 4 Maret 2024 10.39

Suara Purwokerto - <!--StartFragment-->

 Purwokerto Selatan. Diam-diam, CV. Indococo Pacific pelaku UMKM pangan dari Purwokerto yang beralamat Jl .Mohamad Yamin 286 A, Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas,  berhasil tembus pasar ekspor prodak olahan pangan kelapa (chip daging buah kelapa) dengan berbagai varian rasa ke Rusia. Keberhasilan itu setelah berhasil raih sertikasi HACCP tahun 2022 hasil inisiasi Kementerian Koperasi dan UKM.

 

Kekinian, sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) mutlak diperlukan oleh para pelaku UMKM pangan yang ingin naik kelas menjadi pelaku UKM lewat perluasan pasar ekspor. Tujuannya, agar konsumen punya jaminan kemananan pangan saat konsumsi prodaknya dari dampak bahaya mikrobiologis, kimiawi hingga fisis. Sertifikasi HACCP kini sudah menjadi protokol menejemen keamanan pangan dunia. Analisis dan kontrol diakukan untuk hindari  berbagai jenis bahaya atau hazard yang berpotensi muncul saat proses produksi pangan. Jenis bahaya yang dianalisis adalah jenis mikrobiologis, kimiawi hingga fisis.

 

Tetapi sayangnya, CV Indococo Pacific tidak lama ekspor prodaknya ke Rusia karena alami berbagai hambatan dengan keterbatasannya. Kini prodaknya hanya beredar di pasar lokal saja seperti Purwokerto dan sekitarnya, Bali dan Jakarta.

 

Pada Suarapurwokerto.com, Elva Rinda dari tim monitoring dan evaluasi sertifikasi organik dan sertifikasi HACCP Kementerian Koperasi dan UKM saat kunjungi  CV. Indococo Pacific, 28 Februari 2024 mengatakan, agar bisa ekspor lagi prodaknya ke Eropa,  CV. Indococo Pacifik perlu dapat penguatan dan fasilitasi dari berbagai pihak terkait. Penguatan itu berupa fasilitas penyertaan prodak CV Indococo Pacific dalam expo prodak pangan ekspor yang diadakan secara tahunan. Perlu diketahui, forum ekspo prodak pangan diadakan secara annual seperti Trade Export Indonesia di BSD City, Tangerang; Export Exhibition di JIEXPO, Kemayoran; The Global Food Market Place di JIEXPO, dan UMKM Export, di JHCC, Senayan, Jakarta. Mengingat branding prodaknya sudah sangat bagus dan sudah raih berbagai macam sertifikat prodaknya seperti sertifikat kemanan pangan dan sertifikat legalitas prodak. Selain itu CV. Indococo Pacific juga harus didorong terampil jalin hubungan kelembagaan dengan kelembagaan pemerintah terkait pemasaran prodak ekspor, komunitas perusahaan jasa kurir (forwarder) di Jakarta, Yogyakarta dan Semarang serta komunitas eksportir pangan di kota-kota tersebut. Tetapi, langkah dan alur menjadi eksportir langsung memang  jadi sub contractor dari eksportir langsung dahulu, istilahnya perlu magang dahulu.  Merupakan sebuah keberuntungan jika dapat eksportir langsung.

 

Elva Rinda sangat berharap agar pelaku UMKM di Banyumas  bisa naik kelas jadi pelaku UKM tangguh. Sedangkan pelaku UKM jadi semakin besar dan tangguh. (HW)

<!--EndFragment-->

Penulis: Hari Wid

Editor: Aksana

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX