Nasional

BAPERIN BANYUMAS SUKSES DIGELAR, DISERBU GEN X DAN GEN Z

Jumat, 9 Februari 2024 09.36

Suara Purwokerto
BANYUMAS, JAWA TENGAH. Dinginnya udara malam tak menyurutkan niat sekitar 150-an orang untuk datang ke Teropong Kota Bukit Bintang yang berada di  lokawisata  Baturraden Banyumas  pada Senin (5/2) lalu. 
 
Hadirin yang didominasi oleh Gen Z dan Gen X tersebut datang untuk mengikuti acara BAPER1N atau Bawa perubahan Indonesia yang diadakan oleh Partai Pelita.Meskipun diadakan oleh partai politik, namun jauh dari kesan kaku, suasana cukup santai dan cair.  
 
Acaranya lebih tepat disebut diskusi dengan mengangkat beberapa tema isu yang sedang cukup ramai diperbincangkan, di antaranya terkait bisnis, mental health serta  nonton bareng debat capres,  
 
Ari Chandra Kurniawan, Ketua Umum Partai Pelita yang datang langsung dari Jakarta bersama rekan-rekannya dan menjadi salah satu narasumber mengatakan bahwa, demi menyongsong Indonesia Cemerlang, kita harus pastikan 3 hal guna mencetak generasi muda yang kuat.  
 
“Pertama, Generasi Emas bukan Generasi Cemas. Maka penguatan mental menjadi hal utama terutama terkait isu mental health yang membuat banyak anak bangsa frustasi.  
 
“Negara harus menyediakan berbagai fasilitas penunjang kesehatan mental seperti terapis, psikolog, psikiater, konselor, support group yang bisa menjadi tempat berkonsultasi menyelesaikan persoalan mental serta berbagai fasilitas lainnya. Selain itu negara harus memastikan tidak terjadinya kasus-kasus pelecehan, bullying, kekerasan dan perilaku intimidatif lainnya. 
 
“Kedua, Generasi Intan bukan Generasi Instan. Maka pembangunan karakter, moral dan etika harus dikedepankan. Perilaku menyukai jalan pintas, penyalahgunaan wewenang, akses orang dalam, ini akan merusak karakter generasi mendatang serta membuat kompetisi yang tidak sehat dan meritokrasi tidak bekerja. 
 
“Ketiga, Generasi Perubahan bukan Generasi Rebahan. Fenomena gadget dan kecanduan game ini membuat banyak anak bangsa mager (malas gerak) karena mereka bisa mengakses apapun melalui gawai yang ada dalam genggamannya.  
 
“Dalam jangka panjang justru fisik yang terlalu sering rebahan akan menjadi rentan dan mudah terserang penyakit. Selain itu produktifitas menurun, silaturrahim dan perilaku hubungan sosial akan menjadi paradoks di masa datang. Mudah diakses tapi sulit berjumpa” 
 
Baper1n adalah program dimana kita bisa andil memberikan perubahan kearah yang lebih baik. Kalo negeri ini ingin makin baik tentunya kesehatan adalah hal utama. Dan issue yang cukup besar para Gen Z adalah mental health. 
 
“Di acara ini kami langsung memberikan solusi biar temen-temen makin sehat mentalnya. Dimana banyak peserta yang curhat dan kami kasih solusi” ungkap Teguh Kaheel, inisiator Baper1n. 
 
Menurutnya, pekerjaan dan peluang usaha juga jadi kebutuhan besar anak-anak muda. Di acara itu, Tim Baper1n juga memberi solusi, bahkan bisnis yang bisa langsung diterapkan, bisa dibilang siapapun bisa langsung memulainya. Seru sekali! 
 
Partai Pelita mengajak hadirin untuk bisa memberikan andil bagi perubahan negeri menjadi lebih baik. Mereka bisa menuliskan keinginan mereka untuk negeri ini diatas kain putih yang disediakan. Nantinya, kain tersebut akan diberikan kepada siapapun presiden yang terpilih. 
 
“Dan semoga acara ini bisa membuat kesadaran politik para anak muda makin tinggi,  makin peduli, dan makin berkontribusi untuk negeri” harap Teguh Kaheel yang juga didampingi oleh Kornas Relawan Partai Pelita, Kevin Pratama. 
 
“Aku pikir BAPER1N tuh sama aja kayak kampanye-kampanye yang kebanyakan, tapi ternyata beda. Rating acaranya saya kasih bintang 11 dari 10. Hehe” ucap Harba Dwi Karsono, warga Purwokerto yang hadir bersama teman-temannya. 
 
Setelah sukses di Jakarta, Bandung dan Banyumas, dalam waktu dekat, Baper1n juga akan di Kota Cilegon Banten.

Penulis: Telson H

Editor: Afiliasari

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX