NASIONAL

Banyumas Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2018 - Atas Kinerja Pemberdayaan Kaum Perempuan

Saefudin , Suara Purwokerto |
Banyumas Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2018 - Atas Kinerja Pemberdayaan Kaum Perempuan

Suara Purwokerto - Untuk kali pertama Pemerintah Kabupaten Banyumas menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, kepada Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein, bertempat di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih Nomor 14 Jakarta Pusat, Rabu (19/12).

APE merupakan wujud apresiasi kepada kementerian/lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai telah antusias melakukan dokumentasi dan menyampaikan informasi secara online mengenai upaya yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan.

Untuk penghargaan APE kategori tertinggi (mentor) diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla; adapun kategori lainnya diserahkan oleh Menteri PPPA, Yohana Yembise.

Sekadar catatan, penghargaan APE terbagi ke dalam empat kategori (pratama, madya, utama, dan mentor).

Usai memperoleh penghargaan, Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein menegaskan, prestasi yang baru diterimanya bukanlah milik dinas/instansi tertentu.

"Prestasi ini adalah milik bersama seluruh stakeholder dan warga masyarakat Kabupaten Banyumas," kata Bupati Husein.

Kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) kabupaten Banyumas, Drs Taefur Arofat MPdI, menyatakan penghargaan APE merupakan yang pertama kali bagi Kabupaten Banyumas.

"Kami baru tahun ini mengikuti seleksi untuk penerimaan APE. Alhamdulillah, kita bisa lolos ke tingkat menengah atau madya. Mudah-mudahan, tahun depan bisa lolos ke tingkat utama," kata Taefur Arofat.

Tentu saja, menurut Taefur, prestasi ini tak mungkin diperoleh tanpa dukungan berbagai pihak terkait serta peran serta masyarakat Kabupaten Banyumas secara luas. (*)
Editor: