Nasional

Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap Sepanjang 29 Kilometer

Jumat, 23 Juni 2017 00.45

Suara Purwokerto -- Kemacetan akibat arus mudik Lebaran mulai terjadi di beberapa titik, salah satunya di lintasan Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. Nampak kendaraan memadati lintasan itu hingga sepanjang 29 kilometer, Kamis (22/6) malam.

Kendaraan merayap mulai dari KM10 Jatibening, Kota Bekasi, hingga KM39 Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Ekor kemacetan pada pukul 21.45 WIB sudah sampai di Jatibening sampai Gerbang Utama Cikarang lalu nyambung lagi di KM39," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyo di Bekasi, mengutip Antara.

Handoyo memprediksi bahwa kemacetan panjang dari arah Jakarta menuju Pantura itu akibat volume kendaraan yang tidak tertampung oleh badan jalan tol selepas aktivitas buka puasa pemudik.

"Jumlah kendaraan malam ini diperkirakan mencapai 58 ribu lebih yang mengarah ke Pantura," katanya.

Handoyo pun mengaku tengah berkordinasi dengan Korlantas Mabes Polri dan Kementerian Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas kemacetan.

"Kami masih tunggu instruksi kepolisian dan perhubungan untuk antisipasi situasi seperti kemacetan di Brebes Exit (Brexit)," ujarnya.

Handoyo memaparkan, upaya penanggulangan kemacetan juga dilakukan dengan membuka 14 gerbang transaksi tol di GT Cikarang Utama untuk mempercepat alur pergerakan kendaraan.

Jika situasi semakin parah, Handoyo berencana untuk memberlakukan penutupan sejumlah akses masuk tempat peristirahatan di sepanjang lintasan tol.

Upaya penutupan pintu masuk juga akan diberlakukan di sejumlah parking bay sebagai lokasi parkir kendaraan.

"Parking bay juga akan kami tutup," kata Handoyo.

Berdasarkan pantauan *CNNIndonesia.com dan RoTV Group* kemacetan juga terjadi di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) yang menuju ke arah Cikampek. Selain itu, ruas Jalan Raya Kalimalang sudah dipadati oleh pemudik bermotor.

*Posted By : Lensa Jakarta / Lensa Layanan Publik*🇮🇩
*News Source : ANTARA / CNN Indonesia*
*Foto : Kemacetan akibat arus mudik Lebaran terjadi di lintasan Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)*

Penulis: Bambang

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX