Budaya

Menteri Puan Maharani Melepas Prosesi Boyongan Saka Sipanji

Senin, 11 Februari 2019 16.06

Menteri Puan Maharani Melepas Prosesi Boyongan Saka Sipanji

Suara Purwokerto - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani melepas prosesi kirab boyongan Saka Sipanji, Minggu (10/2/2019) dari Halaman Pendopo Duplikat Sipanji Banyumas. Uasi melepas pasukan kiran Puan mengikuti kirab dengan menggunakan mobil antik. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara menyambut hari jadi ke 448 Kabupaten Banyumas, yang diperingati setiap 22 Februari.

Prosesi boyongan Saka Guru Pendopo Si Panji dari pendopo lama Banyumas menuju wilayah Purwokerto untuk menandai perpindahan pusat pemerintahan dari wilayah Banyumas ke wilayah Purwokerto pada tahun 1935.

Sebelum memberangkatan prosesi Rengosan atau Boyongan Saka Guru Si Panji, Puan sempat mengambil air di sumur tua Banyumas Tirta Prewita Sari di belakang rumah pribadi Adipati Aryo Sudjiman Gandasubrata, yang kini difungsikan sebagai kantor Kecamatan Banyumas.

Selanjutnya bersama rombongan Puan memulai perjalanan dengan menggunakan mobil antik dari tugu alun-alun Pendopo Lama  yang berada di wilayah Banyumas menuju Pendopo Baru di Purwokerto.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyumas Achmad Husein dan para pejabat pemerintah lainnya juga ada di antara rombongan peserta kirab.

Warga setempat antusias menyaksikan kirab tersebut, dengan menyapa peserta kirab dari pinggir jalan. Dari dalam mobil antik yang membawanya, Puan balas menyapa,

"Halo ibu, halo bapak, halo adik-adik, apa kabar", katanya sambil melambaikan tangan.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX