Profil

60 Pramuka Siaga Banyumas Raih siaga Garuda

Senin, 13 Maret 2017 14.59

Suara Purwokerto - 60 Pramuka Siaga dari berbagai pangkalan meraih tingkatan tertinggi pada golongan pramuka yaitu Pramuka Siaga Garuda. Pelantikan Pramuka Garuda dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono, Sabtu (11/3) di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto.

Hadir dalam pelantikan ini, orang tua / wali dari peserta didik, jajaran pengurus Kwartir Cabang, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran), Kepela Sekolah selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Gugus Depan. 
 Acara berlangsung hidmat dan mengharukan. Ketua Kwarcab Achmad Supartono selaku Pembina Upacara sempat meneteskan air mata haru saat menyampaikan sambutannya. 

Partono menyampaikan bahwa Pramuka Siaga Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka Siaga. Setelah melalui  seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian ke 60 pramuka siaga itu dilantik menjadi Pramuka Garuda.

“Setelah dilantik Kakak berharap kalian mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Dwi Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka” kata Partono tersendat haru.

Partono juga berterima kasih kepada orang tua, yang mampu menjadi pembina pramuka di rumah, sehingga proses pendidikan kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan.” imbuhnya. 

Dukungan penuh dari orang tua yang adapat mengantarkan putra dan putrinya untuk aktif dalam Kepramukaan.

“Karena banyak juga orang tua yang melarang putra putrinya untuk aktif di Pramuka. Padahal hasil pembinaan dari pramuka sangatlah jelas, karena disamping mendapat kepandaian akademis mereka juga mendapatkan ketrampilan,” katanya.

Ketua Kwarcab itu merasa bangga karena baru saat ini Kwarcab Banyumas, bisa melantik Pramuka Siaga.Garuda secara khusus, kerena sebelumnya yang lulus pramuka garuda tidak lebih dari 5 orang.

Partono juga menambahkan Kwarcab Banyumas, tiga tahun terakhir juga telah melahirkan Pramuka Garuda Prestasi di tingkat Jawa Tengah bahkan Nasional. 

Pada tahun 2016 Pramuka Garuda Penggalang dan Penegak Banyumas menjadi Pramuka Garuda berprestasi tingkat Jawa Tengah. “Bahkan anak kita Fitriani Nurbaeti Penggalang SMP N Wangon meraih Lencana Teladan (Pramuka Siaga Nasional) dima penghargaan diserahkan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo para Hari Pramuka 14 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta,” katanya.

Orang tua dari salah sati peserta dari MI Maarif NU Cilongok mengakui, pendidikan pramuka garuda telah mengubah anaknya menjadi anak yang lebih mandiri.

“Biasanya anak saya kalo makan masih minta dulang, tetapi sekarang mau makan sendiri,” katanya singkat.


Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX