Profil

DKC Banyumas Gelar Latihan Kepemimpinan

Rabu, 15 Februari 2017 17.51

BATURRADEN : Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas menggelar latihan pengembangan kepemimpinan. Kegiatan digelar selama 3 hari mulai Senin (13/2) sampai Rabu 15/3) di Hotel Moroseneng Baturraden. Acara yang dibuka oleh Ketua Kwarcab Drs Achmad Supatono, M.Si itu diikuti oleh 77 pramuka penegak dari 20 pangkalan dan 2 kwaran se Kwarcab Banyumas.

Ketua DKC Diana Dwi Putra mengatakan diklat kepemimpinan ini merupakan agenda rutin yang digelar DKC. “Kagiatan bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin pramuka yang akan memimpin pramuka di Dewan Ambalan maupun Dewan Kerja Ranting (DKR),” katanya

Diana menambahkan, karena mereka calon pemimpin maka diklat ini sangat serius, dan lebih banyak diruangan. Materi yang diberikan antara lain kepemimpinan yang disampaikan oleh Kasdim Mayor Amir Makruf, Publick Speaking oleh Ketua Kwarcab Achmad Supartono, Pola Mekanisme Pembinaan oleh Dewan Kerja Daerah, Mengenal Potesni Diri dari Ugung dari UMP.

Selain itu kesadaran spriritual dan emosional oleh Kak Efi, Hak Anan oleh Kak Tutut dari Lembaga Pelindungan Perempuan dan Anak, Problem Solving oleh Kak Anggitasari dan game,anjut Diana.

Dari semua materi yang diberikan, baik yang terkait dengan kepemimpinan langsung, maupun ilmu yang mendukung dan perlu dimiliki oleh calon-calon pemimpin. Dengan pelatihan ini tentu menambah ilmu dan pengetahuan yang dapat mereka aplikasikan dipangkalan masing-masing, katanya.


Salah satu peserta Weka Halim Muktabar dari SMA Negeri 3 Purwokerto, mengaku senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Menurutnya pelatihan ini menjadi bagian proses pembentukan diri untuk menjadi pemimpin.

Mungkin saat ini belum bisa diaplikasikan, tetapi dikemudian hari saya yakin ilmu itu sangat bermanfaat bagi seorang pemimpin, katanya


Parsito.    

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX