Profil

Pamijen Dan Karangsalam Juara Pesta Siaga Baturraden

Minggu, 30 Oktober 2016 13.48

BATURRADEN : Pergelaran Pesta Siaga Kwarran Baturraden 2016 yang diselenggarakan di Lapangan Desa Purwosari Baturraden, Sabtu (29/10/2016), menobatkan Barung Merah dari SDN 1 Pamijen menjadi juara tergiat 1 barung putra dan Barung Biru dari SDN Karangsalam menjadi juara tergiat 1 barung Putri. Berkat pencapaian tersebut, kedua barung ini berhak mewakili Kwarran Baturraden mengikuti pesta siaga tingkat kwarcab Banyumas yang akan dilaksanakan akhir bulan Nopember di Gumelar.


 


Acara Pesta Siaga Kwarran Baturraden, dibuka oleh Kepala UPK Baturraden Sutikno dan pada sore harinya ditutup oleh Ketua Kwarran Nasichin.


 


Ketua panitia Triningsih mengatakan, pesta siaga diikuti oleh 26 barung putri dan 24 barung putra pangkalan sekolah SD/MI dari Kecamatan Baturraden. Masing-masing sekolah mengirim 20 anak yang terdiri dari 10 anak barung putra dan 10 anak barung putri.


 


“Ada 2 sekolah yang hanya mengirimkan barung putri karena siswanya sedikit dari SD Kecil,” bebernya.


 


Tri menambahkan, seluruh peserta mengikuti 10 taman perlombaan, diantaranya, taman baris berbaris, kekompakan, kepribadian, yel-yel, keagamaan, pengetahuan umum, lempar bola dan seni budaya”Taman seni budaya menjadi taman yang paling ramai dan diminati para peserta,” tambahnya.


 


Ketua Kwarran Nasichin mengatakan kegiatan bertujuan untuk mendidik dan melatih pramuka siaga pada bidang mental, spiritual dan ketangkasan. “Pesta siaga merupakan sebuah ajang evaluasi pada pembinaan gerakan pramuka. Karena kegiatan kepramukaan dapat membina generasi muda, agar memiliki karakter yang baik sejak dini,” katanya.


 


Selain itu Nasichin berharap dari kegiatan ini akan muncul siaga-siaga yang terbaik yang dapat mewakili Baturraden pada lomba tingkat, cabang, binwil, bahkan tingkat kwarda.


 


Pada akhir kegiatan Sekretris Kwarran Sugiyanti membacakan hasil lengkap kejuaraan adalah sebagai berikut. Barung putra Juara 1 SDN 1 Pamijen, Juara 2 SDN 3 Karangtengah, Juara 3 SDN Kebumen. Juara harapan 1 SDN 2 Ketenger, harapan 2 SDN Karangsalam dan Harapan 3 SDN 1 Kemutuglor.


 


Sedangkan barung putrid Juara 1 SDN Karangsalam,  Juara 2 SDN 2 Pamijen, Juara 3 SDN 1 Kutasari. Juara Harapan 1 SDN 1 Kemutuglor, harapan 2 MI Al Masyruriyah Kebumen dan harapan 3 SDN 3 Kutasari.

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX