Profil

Kontingen Jamnas Banyumas Dilepas

Senin, 8 Agustus 2016 19.59

BANYUMAS – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melepas 32 pramuka penggalang untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Cibubur Jakarta. Mereka dilepas Senin (8/8/2016) di Pendapa Sipanji Purwokerto.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas Drs. Achmad Supartono, M.Si mengatakan ke 32 peserta merupakan perwakilan dari berbagai sekolah SMP di Banyumas. Ketua kwarcab mengenalkan satu persatu peserta, pelatih dan pinkon. “Peserta  Jambore terpilih melalui seleksi ketat yang dilakukan Kwarcab, dan telah melakukan pelatihan intensif, dangan pelatih dari Kwarcab dan SPN Purwokerto,” kata Partono.

Peserta akan mengikuti Jambore Nasional yang akan berlangsung 10 hari pada 14-21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Partono juga melaporkan bahwa kontingen Banyumas mendapat kehormatan menjadi peserta pertama pada karnaval budaya nusantara. “Kontingen kita menjadi membawakan musik kenthongan Banyumasan, yang dikolaborasikan dengan calung dan lengger,” tambah Partono.

Selain itu pada upacara Hari Pramuka dan pembukaan Jambore nasional tanggal 14 Agustus mendatang, Banyumas juga menempatkan salah satu penggalang terbaiknya yaitu Fitriani Nurbaeti, yang akan memperoleh pengharhaan Lencana Teladan dari Presiden RI yang akan diberikan. Lencana Teladan merupakan Penghargaan Tertinggi untuk pramuka muda, dan Fitriani menjadi perwakilan Propinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Bupati Banyumas merasa bangga kepada 32 peserta jambore. “Saat diperkenalkan tadi sikap begitu sempurna dan percaya diri andaikan pemuda Banyumas seperti kalian betapa bangganya saya, ibarat buah kalian adalah buah yang pasti akan matang, tidak akan bosok,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar selalu membawa baik nama Banyumas. “Dari sikap kalian, saya yakin, kalian adalah anak-anak yang mencintai negerinya daerahnya, anak-anak yang bertanggung jawab, untuk dapat menunjukan Banyumas kepada Indonesia bahkan dunia, melalui generasi yang baik seperti kalian. Tunjukan kalian adalah calon pemimpin masa depan,” tambah Bupati.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera dari Bupati kepada pimpinan kontingen dan pengenaan jaket kontingen kepada perwakilan peserta.

Penulis: Administrator

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX