Lingkar Banyumas

65 Guru Ikuti Work Shop Karya Tulis Ilmiah

Selasa, 19 Maret 2019 19.54

65 Guru Ikuti Work Shop Karya Tulis Ilmiah

Suara Purwokerto - Sebanyak 65 guru TK, SD/MI dan SMP anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Karanglewas mengikuti Work shop Karya Tulis Ilmiah (KTI) Best Practise  Sabtu-Minggu (16 -17/3/2019) di Rumah Makan Ikan Bakar Rajane ( IBR ) jalan Beji Karangsalam, Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Banyumas.
Hadir dalam Work shop ini, Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Drs.Takdir Widagdo, SH, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati, SE yang diwakili Drs. Sutikno, M.M, Nara Sumber DR. Heru Kurniawan, MA, dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Riyadi, S.Pd.
Drs.Sutikno, M.M yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menyatakan rasa bangga kepada PGRI Cabang Karanglewas yang mampu menyelenggarakan Kegiatan Work shop KTI - Best Practise ini. 
"Saya yakin dan percaya, setekah mengikuti work shop ini, guru - guru TK, SD/MI, dan SMP, serta Kepala Sekolah pasti bisa membuat karya KTI dan Best Practise, yang bisa untuk dipublikasikan di jurnal, yang bisa digunakan untuk pengusulan Angka Kredit ( AK )," katanya
Sedangkan Wakil Ketua PGRI Cabang Karanglewas, Riyadi, S.Pd selaku ketua Panitia mengatakan bahwa tujuan Work shop KTI ini adalah untuk meningkatkan profesional dan keterampilan menulis Karya Tulis Ilmiah bagi guru dan Kepala Sekolah  TK, SD/MI, dan SMP anggota PGRI Cabang Karanglewas. Menurutnya ketrampilan menulis adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan dan pengalaman yang bermanfaat untuk disampaikan kepada orang lain, guru, KS, dan teman sejawat.
"Keprofesian guru harus terus ditingkatkan. Peningkatan keprofesionalan guru menurut Permendikbud nomor 16 Tahun 2009, dapat dilakukan melalui Peningkatan Keprofesional- an Berkelanjutan ( PKB ). Work shop Keterampilan menulis KTI ini semoga berdampak meningkatkan keterampilan menulis bagi guru dan KS, untuk menambah kualitas diri sendiri, kualitas siswa, kualitas guru, kualitas sekolah, serta kualitas dunia pendidikan secara nasional, " katanya.
Di tempat yang sama Ketua PGRI Cabang Karanglewas, Bambang Sulistiono, S.Pd menjelaskan ada 5 judul materi yang diberikan kepada para peserta, yaitu Kebijakan Pemkab Banyumas bidang Pendidikan, PKB, dan AK nya, Orientasi, Tujuan, dan Substsnsi Penulisan Best Practise untuk Guru, Memahami Batasan, Karakteristik, dan Proses Kreatif dalam Penulisan Best Practise, Praktik Penulisan Best Practise, dan Refleksi dan Apresiasi.
Menurut Bambang Suliationo,S.Pd, di akhir Workshop ini, semua peserta diwajibkan untuk bisa menghasilkan dan mengumpulkan minimal satu karya Best Practise, sebagai syarat pengambilan Sertifikat atau Piagam Penghargaan.

Penulis: Sujiono, S.Pd

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX