Lingkar Banyumas

DKR Somagede Gelar Festival Permainan Tradisional

Senin, 18 Maret 2019 19.20

DKR Somagede Gelar Festival Permainan Tradisional

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Somagede gelar festival permainan tradisional Sabtu (16/3/2019) di Lapangan Desa Kanding Kecamatan Somagede. Kegiatan digelar 
dalam rangka peringatan hari Tunas ke-58 tahun 2019 dan dibuka langsung oleh Ketua Kwarran Somagede Agus Suroyo
Dalam sambutannya ketua kwarran mengatakan tujuan dari kegiatan adalah untuk mengenalkan permainan-tradisional pada anak-anak pramuka di Kwartir Ranting Somagede khususnya untuk pramuka penegak dan pramuka penggalang sekaligus upaya juga melestarikan permainan tradisional yang kini kurang diminati.
Agus berpesan agar anak jaman sekarang tetap mengenal dan melestarikan bermacam-macam permainan tradisional yang ada. Meski sudah game-game online, membuat anak-anak sekarang lupa adanya permainan Tradisional 
"Permainan tradisional sarat dengan kebersamaan," jelasnya
Ketua DKR Eka Nur Arifin mengatakan festival ini diikuti oleh puluhan anggota Pramuka yang terdiri dari 18 pengurus DKR Somagede, 28 Penegak di kwartir Ranting Somagede dan 25  Penggalang SMP.
"Totalnya peserta sebanyak 71 orang," katanya
Nur Arifin menambahkan macam-macam permainan yang difestivalkan antara lain terompak panjang, estavet egrang batok, Dam-dam'an, membuat ketupat dan bola bekel atau gateng.
Peserta terlihat antusias dan semangat mengikuti festival, meski sebelum  pelaksanaan  kegiatan hujan deras tetapi tidak menghambat dan menghalangi semangat peserta festival. Turut hadir pada acara tersebut Ketua Kwarran, Andalan Ranting Urusan Penegak Putri, Mabigus SMK Muhammadiyah Somagede dan Pembina Penggalang di SMPN 1 Somagede dan SMP PGRI 2 Somagede.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX