Lingkar Banyumas

Banser Kedungbanteng Banyumas Giatkan Bela Diri Tarung Derajat

Senin, 18 Maret 2019 03.59

Banser Kedungbanteng Banyumas Giatkan Bela Diri Tarung Derajat

Suara Purwokerto - Membekali anggota Banser dengan mental fisik yang kuat, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah melalui Satkoryon Banser lakukan latihan rutin bela diri tarung derajat setiap Minggu malam di Aula MWC NU Kedungbanteng.
Ketua PAC GP Ansor Kedungbanteng, M. Amin Ulinuha menyampaikan latihan rutin bela diri ini digelar setiap Minggu malam. Latihan dipimpin oleh pelatih dari anggota Banser senior yang memiliki keahlian di bidang tarung derajat.
“Latihan rutin ini dapat dilaksanakan dengan ketentuan minimal dihadiri oleh sepuluh anggota Banser. Apabila yang hadir kurang dari itu, maka latihan diliburkan,” kata UIinuha, Ahad (17/3) malam.
Ulinuha menjelaskan, selain berkiprah di bidang sosial keagamaan dan kemanusiaan, Banser perlu membekali diri dengan penguatan mental fisik yang kokoh. Salah satunya melalui latihan rutin bela diri.
Tarung derajat dipilih karena melihat potensi keahlian yang dimiliki anggota Banser Kedungbanteng di bidang ini sangat mumpuni. Termasuk minat anggota Banser untuk mau berlatih juga cukup antusias, tambah Ulinuha.
“Melalui latihan tarung derajat ini dapat memberikan tambahan bekal ilmu bela diri untuk menjaga diri dan menolong sesama dalam keseharian,” terangnya.
Dikatakan, menjadi anggota Banser perlu membekali diri dengan keahlian bela diri sebagai modal kekuatan fisik untuk jaga diri dan membantu orang lain.
Untuk itu, lanjut Ulinuha anggota Banser yang kuat jasmani dan rohaninya, maka dia siap untuk berkiprah di masyarakat, menjaga diri dan ikut melindungi masyarakat.
“Maka perlu kekompakan dan kedisiplinan dalam menjalankan latihan. Terutama menjadikan tarung derajat sebagai kebanggaan yang diminati anggota Banser secara serius dan kontinyu,” tandasnya.
Bela diri tarung derajat Banser Kedungbanteng bersifat sukarela, bukan untuk bergaya dan kesombongan. Latihan diawali dengan pemanasan, gerakan inti dasar, peregangan, pendinginan dan sesi akhir ditutup dengan evaluasi latihan.

Penulis: Musmualim Ma\'arif

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX