Lingkar Banyumas

Siswa Ma'arif Cilongok Berikan Donasi Pembangunan RSI NU

Jumat, 8 Maret 2019 19.26

Siswa Ma\'arif Cilongok Berikan Donasi Pembangunan RSI NU

Suara Purwokerto - Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah mulai membangun Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSI NU) sejak peletakan batu pertama Ahad, (10/2) lalu.

Banyak pihak telah memberikan bantuan. Tak terkecuali donasi dari siswa sekolah atau madrasah Ma’arif yang berada di Kecamatan Cilongok. Melalui Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) donasi dikoordinir. Ketua BP3MNU memberikan donasi tahap awal secara simbolis kepada Ketua Panitia Pembangunan RSI NU berupa uang sejumlah Rp. 63.000.000,-.

Sekretaris Panitia Pembangunan, Ahmad Thontowi menyampaikan bantuan yang bersumber dari siswa diatur oleh BP3MNU. Pengumpulannya dilakukan melalui surat resmi kepada sekolah atau madrasah Ma’arif atau satuan pendidikan yang berafiliasi NU se-Kecamatan Cilongok.

“Melalui bantuan dari siswa, panitia ingin mengajak kepada seluruh elemen satuan pendidikan, khususnya sekolah atau madrasah Ma’arif untuk berpartisipasi memberikan donasi,” katanya, Jumat (8/3).

Thontowi mengatakan, ajakan untuk berdonasi juga ditujukan kepada guru Ma’arif. Besaran sumbangan setiap siswa sejumlah Rp. 10.000,- yang dipungut melalui gerakan bulan dana MWC NU Cilongok. Sementara untuk sumbangan guru diatas besaran siswa sesuai dengan jenis dan statusnya.

Partisipasi guru, lanjut Thontowi menjadi komitmen bersama dalam perjuangan untuk memajukan warga NU khususnya di Cilongok. Sehingga berdonasi menjadi kesepakatan yang dilandasi keterpanggilan untuk membantu pembangunan RSI NU.

“Prinsipnya sukarela, namun untuk pemerataan dan kemudahan pengelolaan setiap guru memberikan donasi sesuai kemampuan dengan mempertimbangkan jenis dan statusnya,” terang Kepala MI Ma’arif NU 1 Pageraji itu.

Terpisah, Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi mengapresiasi langkah peduli siswa dan guru Ma’arif Cilongok dalam pembangunan RSI NU melalui optimalisasi peran pengurus BP3MNU.

“Kalau peran pengurus BP3MNU dapat optimal di setiap level, maka dapat mempermudah segala urusan yang berkenaan dengan pengelolaan pendidikan,” tandasnya.
Fauzimenambahkan, seluruh elemen pada setiap tingkatan harus bekerja sama. Peran pengurus juga sangat diharapkan, sehingga pengelolaan lembaga akan dinamis sesuai kebutuhan.
“Atas nama pengurus, kami ucapkan selamat sukses atas pembangunan RSI NU. Semoga donasi dari siswa dan guru Ma’arif Cilongok dapat memberikan kemanfaatan dan keberkahan,” harapnya.
Panitia masih terus menerima donasi dari masyarakat. Pembangunan diperkirakan akan menelan biaya sejumlah 5 milyar. Biaya bersumber dari swadaya masyarakat, sponsor dan bantuan donatur yang tidak mengikat. RSI NU Cilongok akan menempati lahan seluas 2.040 meter persegi. Beralamat di Jalan Raya Cilongok, tepatnya di Dusun Glempang, Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Penulis: Musmualim Ma\'arif

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX