Lingkar Banyumas

Mantapkan Anggota Baru, DKR Kedungbanteng Gelar GMKK

Minggu, 17 Februari 2019 15:54 WIB

Mantapkan Anggota Baru, DKR Kedungbanteng Gelar GMKK

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Ranting Kedungbanteng Banyumas Jawa Tengah Menggelar Gladi Mantap Kesatria Kamandaka (GMKK). Pendidikan pengkaderan bagi anggota Baru Dewan Kerja Ranting yang dijuluki Kesatria Muda Kamandaka ini dilaksanakan dari Sabtu hingga Minggu tanggal 16 sampai 17 Februari 2019 di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Ranting Kedungbanteng, Koramil 05 , Puskesmas dan Perbukitan Batur Macan Kedungbanteng.

Dalam struktur organisasinya, anggota baru ini akan masuk dalam struktur DKR Kedungbanteng menggantikan anggota yang sudah purna. Ketua DKR Kedungbanteng, Dahlan menyampaikan bahwa GMKK menjadi sarana untuk membentuk Mental dan Jiwa kedislipinan pribadi dalam organisasi. Sekaligus menjadi proses gladi yang harus ditempuh sebagai prasyarat menjadi anggota.

“Peserta di Pandu dan di garap langsung oleh segenap anggota DKR lama, Untuk pembekalan materi lebih banyak didapatkan  di alam terbuka,” ungkapnya, Minggu (17/2).

Anggota baru yang diterima melalui proses seleksi dan persaingan dengan puluhan pendaftar lain ini dibekali dengan beberapa materi, yaitu Ke Dewan Kerjaan, kepemimpinan, Publik Speaking, PBB dasar, pertolongan pertama, survival, bivak, longmarch dan materi pendukung lainnya. Tambahnya.

"Kegiatan ini, lanjut dahlan. Dikonsep dengan cara berpindah-pindah, dari satu tempat ke tempat lain. Saat Longmarch peserta diberi tugas untuk menyampaikan materi pada beberapa pangkalan yang dilewati".

Ketua kegiatan, Adi Lastanu menjelaskan melalui proses penempaan dan latihan diharapkan dapat membentuk mental dan karakter peserta.

“Orientasi utama dapat meningkatkan kecintaan pada pramuka dan NKRI untuk mengabdi di Gerakan Pramuka,” terang Adi.

Menurutnya, setelah dilantik, peserta akan melakukan serangkaian tindaklanjut kegiatan. Sebagai pengembangan hasil pendidikan sesuai kebutuhan secara bertahap.

“Anggota baru nanti akan difokuskan pada pengembangan potensi kader dan ikut serta menyukseskan program kerja DKR Kedungbanteng,” pungkasnya.

Penulis: Ahmad Sidik

Editor: Parsito

Berita Terkait

Selasa, 19 Maret 2019 21:44 WIB

Unit Pramuli Kwarran Sumpiuh Bantu Tanggulangi Bencana Banjir

Senin, 18 Maret 2019 19:20 WIB

DKR Somagede Gelar Festival Permainan Tradisional

Senin, 18 Maret 2019 15:34 WIB

SMAN 1 Jatilawang Bidik Pemimpin Bijaksana

Jumat, 08 Maret 2019 18:09 WIB

DKR Kedungbanteng Miliki Nakoda Baru

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved