Lingkar Banyumas

Perkuat Patriotisme, Pelajar NU Kedungbanteng Banyumas Gelar Diklatama

Selasa, 05 Februari 2019 20:57 WIB

Perkuat Patriotisme, Pelajar NU Kedungbanteng Banyumas Gelar Diklatama

Suara Purwokerto - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kedungbanteng Banyumas Jawa Tengah menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama).
Pendidikan pengkaderan bagi calon anggota Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) ini dilaksanakan dari Sabtu hingga Selasa tanggal 2 sampai 5 Februari 2019 di Aula SMPN 4 Kedungbanteng, Perbukitan Gomblang dan Pekajen Kedungbanteng.
Dalam struktur organisasinya, CBP dan KPP menjadi salah satu lembaga dibawah PAC IPNU IPPNU yang diwadahi melalui Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC). Lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan, kepeloporan dan kepedulian sosial serta lingkungan.
Ketua PAC IPNU Kedungbanteng, Muhammad Syarifudin menyampaikan bahwa Diklatama menjadi sarana untuk membentuk calon anggota CBP dan KPP. Sebagai proses gladi yang harus ditempuh sebagai prasyarat menjadi anggota.
“Peserta ditempa oleh instruktur di dalam dan luar ruangan. Porsi materi lebih banyak didapatkan dalam kondisi di alam terbuka,” katanya, Selasa (5/2).
Syarifudin menambahkan peserta dibekali dengan beberapa materi, yaitu orientasi, Aswaja, ke-NU-an, IPNU-IPPNU, CBP-KPP, kepemimpinan, keorganisasian, bela diri dasar, pertolongan pertama, survival, bela negara, wawasan kebangsaan, navigasi darat, SAR, bivak, mountainering, longmarch dan materi pendukung lainnya.
“Materi outdoor disampaikan dengan cara berpindah-pindah dari bukit satu ke bukit yang lain. Sehingga peserta harus mendirikan bivak dan membawa bekal logistik yang cukup,” papar pria yang juga alumni FTIK IAIN Purwokerto itu.
Instruktur kegiatan, Ahmad Sidik menjelaskan melalui proses penempaan dan latihan diharapkan dapat membentuk mental dan spiritual peserta. 
“Orientasi utama dapat meningkatkan kecintaan pada NU dan NKRI untuk mengabdi bagi kemanusiaan,” jelas Sidik.
Menurutnya, setelah dibaiat dan dilantik, peserta akan melakukan serangkaian tindaklanjut kegiatan. Sebagai pengembangan hasil pendidikan sesuai kebutuhan secara bertahap.
“Anggota CBP dan KPP baru nanti akan difokuskan pada pengembangan potensi kader dan ikut serta menyukseskan agenda PAC IPNU dan IPPNU Kedungbanteng,” pungkasnya.

Penulis: Musmuallim Ma’arif

Editor: Parsito

Berita Terkait

Selasa, 05 Februari 2019 20:23 WIB

Fatayat Ranting NU Kutasari Baturraden Dilantik

Selasa, 11 September 2018 17:54 WIB

Polres Banyumas Gelar Silahturahmi Ormas

Rabu, 16 Mei 2018 05:42 WIB

Pemuda Pancasila Banyumas Siap 'Perangi' Terorisme

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved