Lingkar Banyumas

267 Pramuka Banyumas Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

Sabtu, 02 Februari 2019 15:04 WIB

267 Pramuka Banyumas Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

Suara Purwokerto - Sebanyak 267 pramuka dari berbagai pangkalan meraih tingkatan tertinggi pada golongan pramuka yaitu Pramuka Garuda. Pelantikan Pramuka Garuda dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono, Sabtu (2/2/2019) di Halaman Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas.
Sekretaris Bina Muda Wahyu Handoko mengatakan pelantikan Pramuka Garuda ini sebanyak 267 Pramuka yang terdiri dari 256 penggalang, 10 pramuka penegak dan 1 orang pramuka pandega dari berbagai Pangkalan di Banyumas. Menurutnya Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui  seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian ke 267 pramuka itu dilantik menjadi Pramuka Garuda.
"Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda mereka diharapkan menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal," katanya.
Hadir dalam pelantikan ini, orang tua / wali dari peserta didik, jajaran pengurus Kwartir Cabang, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran), Kepela Sekolah selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Gugus Depan. 
Acara berlangsung hidmat dan mengharukan, Ketua Kwarcab Achmad Supartono selaku Pembina Upacara mengaku bangga dengan pelantikan ini. 
“Setelah dilantik Kakak berharap kalian mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Tri Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka. Saya juga berharap pramuka garuda dapat menjadi kader kader bangsa yang eksis di masa depan” kata Partono.
Partono juga berterima kasih kepada orang tua, yang mampu menjadi pembina pramuka di rumah, sehingga proses pendidikan kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan. Dukungan penuh dari orang tua yang dapat mengantarkan putra dan putrinya untuk aktif dalam kepramukaan, dan menjadi Pramuka Garuda
Kenyar Pradifta, salah satu pramuka garuda golongan penggalang mengaku bangga bisa dilantik menjadi Pramuka Garuda
"Saya bangga dan senang telah menjadi pramuka garuda setelah banyak proses yang saya lalui" ucapnya
Nasya Nabila

Penulis: Nasya Nabila

Editor: Parsito

Berita Terkait

Minggu, 17 Februari 2019 21:29 WIB

SMP N 1 Sumbang Juara Umum GAKSA 2019

Minggu, 17 Februari 2019 19:27 WIB

Waspada DB di Pandak Saka Bakti Husada Gelar PSN

Minggu, 17 Februari 2019 16:20 WIB

DKR Banyumas Gelar Diklat Jurnalistik

Minggu, 17 Februari 2019 15:54 WIB

Mantapkan Anggota Baru, DKR Kedungbanteng Gelar GMKK

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved