Lingkar Banyumas

Kenalkan Siswa Dengan Makanan dan Budaya Lokal

Senin, 21 Januari 2019 13.38

Kenalkan Siswa Dengan Makanan dan Budaya Lokal

Suara Purwokerto - Pendidikan karakter menjadi tema sentral sejak beberapa tahun terakhir dalam perkembangan pendidikan di tanah air. Pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini sebab pada usia dini anak-anak berada pada masa golden age, dan pada usia tersebut kemampuan penyerapan informasi dalam aspek agama, moral, kognitif, dan sosial emosional terjadi secara cepat. Oleh karena itu, pendidik maupun orang tua mempunyai peluang besar untuk membentuk karakter anak menjadi lebih baik.
Menyadari hal tersebut jajaran Guru di SDN 3 Karangrau Kecamatan Banyumas mengajak siswa-siswi kelas VI untuk melakukan wisata edukasi ke Kampung Mino dan Musium Wayang,  Sabtu (19/1).
Relawati, S.Pd.SD sebagai wali kelas mengatakan bahwa kunjungan ke kampung mino yang terletak di desa Pakunden bertujuan agar siswa dapat mengenal mino lebih dekat dan melihat secara langsung proses pembuatan mino salah satu makanan khas Banyumas. Sedangkan kunjungan ke Museum Wayang yang berlokasi di lingkungan kantor kecamatan Banyumas bertujuan supaya siswa dapat mengenal macam-macam wayang sekaligus nguri-nguri kebudayaan Banyumas, tambahnya. 
Relawati menambahkan saat ini dirinya merasa    prihatin melihat budaya lokal seperti wayang menjadi hal yang asing dan serta makanan kas dianggap kurang menarik. Hal itulah yang menggerakkan dirinya bersama kepala sekolah dan guru untuk membuat media pembelajaran pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.
"Mungkin ini kurang keren, tetapi ini harus dilakukan untuk mengenalkan siswa dengan budayanya sendiri," katanya
Di kampung mino para siswa mendapatkan kesempatan untuk praktek membuat mino.  Sedangkan di musium wayang para siswa juga mendapatkan kesempatan berharga memainkan alat musik gamelan. 
Devi Dwi Ratnasari, salah satu siswa mengaku senang dan puas bisa mengikuti kegiatan ini. Dia berharap pembelajaran seperti ini terus ditingkatkan untuk mengenal budaya lokal secara langsung sehingga semakin mencintai kebudayaan warisan nenek moyang.
Atun Flurrianti, S.Pd

Penulis: Atun Flurrianti, S.Pd

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX