Lingkar Banyumas

Ketoprak Pandu Tampilkan Lakon Babad Banyumas

Sabtu, 19 Januari 2019 12.22

Ketoprak Pandu Tampilkan Lakon Babad Banyumas

Suara Purwokerto - Ketoprak Pandu yang beranggotakan Pramuka Penegak Ambalan Pandawa Srikandi pangkalan SMA Negeri 1 Purwokerto menampilkan lakon  babad Banyumasan Sabtu (19/1/2019). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Ambalan ke-35 Pandawa Srikandi.
Pradana Pandawa Muhammad Alif Arrasid mengatakan peringatan ambalan tahun ini sengaja dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anggota ambalan salah satunya adalah Unit Subrata yang menampilkan seni ketoprak.
"Pada peringatan ini kami mengusung dengan tema Guardian of Culture Purwokerto" katanya.
Ketua Unit Subrata, Garda Naufal Janan menyatakan, penampilan seni ketoprak dengan lakon Babad Banyumas itu diiringi langsung oleh musik  gamelan berdurasi sekitar 45 menit.
"Kami memilih cerita ini dikarenakan ingin memberi informasi mengenai asal usul Banyumas kepada khalayak umum terutama para pemuda di Kabupaten Banyumas agar dapat memetik pembelajaran dari babad Banyumas tersebut," katanya
Ia pun berharap agar para pemuda Banyumas lebih mencintai kebudayaan daerah dan dapat menjaga agar tetap lestari.
Turut menghadiri kegiatan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, Sekretaris Kwarda Istajib, Ketua Mabigus Muhammad Husain dan para pembina, purna dewan ambalan, Ketua organisasi sekolah, perwakilan Pramuka dari berbagai sekolah, termasuk dari Pramuka SMAN 1 Purbalingga.
Cici

Penulis: Machiko Destria Sugita

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX