Lingkar Banyumas

187 Sekolah SMP/MTs Siap Mengikuti UNBK

Selasa, 15 Januari 2019 23.19

187 Sekolah SMP/MTs Siap Mengikuti UNBK

Suara Purwokerto187 satuan pendidikan di jajaran DinasPendidikan Kabupaten Banyumas akan menggelar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan moda UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dari 210 penyelenggara Ujian Nasional.

“Prosentase mencapai 89% SMP/MTs ikut moda UNBK,” kata Drs. Purwadi Santoso, M.Hum usai penyerahan Daftar Nominasi Sementara (DNS) peserta UN di gedung GSM Dindik, Senin (14/01/2019).

Lebih lanjut Kepala Dinas Pendidikan mengatakan bahwa jumlah calon peserta yang ikut UNBK sebanyak 24.132 peserta dari total peserta yang berjumlah 26.275 siswa, sisanya sejumlah 2.143 menggunakan kertas pensil (UNKP).

“Kami sampaikan selamat dan terima kasih dari 53 MTs yang ada semuanya UNBK,” tambah Purwadi.

Pada kesempatan yang sama Kabid Pembinaan SMP Dra. Enas Hindasah mengatakan untuk suksesnya UNBK, Dindik tengah berupaya memberikan bantuan perangkat UNBK ke sekolah namun belum semuanya bisa terpenuhi karena terbatasnya anggaran.

“Bagi satuan pendidikan yang belum mempunyai perangkat UNBK dan berkeinginan untuk menggunakan moda ini, dapat bekerja sama dengan jenjang lain misalnya SMA/SMK terdekat untuk ikut melaksanakan UN ditempat tersebut (resources sharing)", kata Enas Hindasah.

Saat ini moda UNBK meski belum menjadi keharusan namun dinilai lebih praktis dan lebih berintegritas.

Menurut Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Bambang Suryadi saat menyampaikan materi kebijakan UN di Solo (20/11/2018), Secara umum sejak Kemendikbud menetapkan bahwa nilai UN tidak lagi menentukan kelulusan mulai tahun 2015 lalu, capaian nilai akademik menurun, namun integritas meningkat seiring dengan moda UNBK, selain itu (nilai) UN juga berfungsi sebagai pengoreksi Ujian Sekolah.

UN jenjang SMP sederajat akan dilaksanakan pada 22 s.d 25 April 2019, mapel yang di UN kan adalah bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan IPA

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX