Lingkar Banyumas

Wujudkan Sokawera Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Senin, 14 Januari 2019 22.40

Wujudkan Sokawera Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Suara Purwokerto - Untuk mewujudkan kesehatan lingkungan masyarakat, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan program pembinaan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Sokawera pada Sabtu (12/1) pukul 09.00 di Aula Desa Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Latar belakang dilaksanakan program tersebut adalah kesehatan dasar dibangun atas kondisi lingkungan yang baik dan sehat. Hal itu menjadi skala prioritas Puskesmas 1 Cilongok dalam pembangunan kesehatan di wilayahnya.
Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan kegiatan tersebut menjadi sebuah edukasi dan membina peran serta masyarakat secara langsung dalam hal kesehatan terutama sanitasi. Dan hal yang dituju juga terkait tercapainya Lima Pilar STBM. Melalui kegiatan dengan penanggungjawab, Sri Marheni Amd KL dan peserta adalah kader kesehatan serta Bidan Desa Sokawera, pihaknya sharing dan kerjasama dengan masyarakat juga Pemerintah Desa Sokawera. 
"Jadi masyarakat aktif bersama pemdes serta puskesmas bersama-sama dalam mewujudkan desa STBM," jelasnya.
Hasil dari kegiatan tersebut, kata dr Teguh, adalah kader dan bides antusias belajar membuat dan mencoba memetakan kondisi lingkungan di desanya. Sehingga pelaksanaan penanganan bisa terukur dan hasilnya bisa maksimal. 
"Selain memetakan kondisi lingkungan, hasilnya adalah memberikan solusi dan masukan untuk menyelesaikan masalah kesehatan lingkungan. Pemdes dan FKD Sokawera sangat mendukung juga apresiasi kegiatan tersebut," pungkasnya.
Agus M

Penulis: Agus M

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX