LINGKAR BANYUMAS

Popda Banyumas 2019 Digelar Februari Mendatang

Parsito, Suara Purwokerto |
Popda Banyumas 2019 Digelar Februari Mendatang

Popda Banyumas 2019 Digelar Februari Mendatang

Suara Purwokerto - Pekan olahraga pelajar daerah (POPDA) Kabupaten Banyumas Tahun 2019, akan digelar dari 18 sampai 22 Pebruari 2019 mendatang. Ada cabang olah raga baru yang akan dipertandingkan yaitu cabang olahraga (cabor) Taekwondo dan Kempo. Pada POPDA tahun 2018 lalu, cabor taekwondo batal dipertandingkan karena ada beberapa persyaratan seperti alat dan wasit tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) pusat. Namun untuk cabor Kempo di Popda tahun ini baru dilaksanakan dalam bentuk pertandingan eksibisi.

Kabid Olahraga Dinporabudpar Banyumas Edi Purwanto mengatakan, kepastian dua cabor tersebut dipertandingkan di Popda mencuat dalam rapatnya dengan unsur pendidikan olahraga jasmani kesehatan (PJOK) tingkat SD, SMP, dan SMA / SMK. Selain itu, masuknya cabor Kempo di Popda juga mendapat respon positif karena ada di semua tingkatan baik SD, SMP maupun SMA/SMK.

”Respon yang banyak yaitu Cabor Kempo, karena kempo di masing-masing tingkatan Insya Allah sudah banyak. Lah yang Petanque itu nanti kita lihat kalau tidak lebih dari delapan institusi SD, SMP, SMA misalkan mungkin tidak akan tandingkan”, ungkapnya Kamis (10/1/2019).

Menurut dia, syarat satu cabor bisa dipertandingkan di POPDA minimal ada delapan institusi di setiap tingkatan. Kalau hanya ada lima institusi, maka hasilnya kurang memadai.

Sementara itu, jumlah cabor yang dipertandingkan di Podpa tingkat Kabupaten yaitu untuk SD/MI ada 13 cabor, SMP/MTS ada 16 cabor dan SMA/SMK/ MAN ada 20 cabor.

Edi Purwanto juga menerangkan, dari sekian cabor yang ada, hanya dua cabor yaitu pencak silat dan sepak bola yang seleksinya diluar komplek GOR.

”Hanya khusus cabor yang akan diseleksi di tingkat regional atau istilah rayon itu adalah pencak silat dan sepak bola. Kalau sepak bola itu delapan komda atau regional, itu melaksanakan diambil juara satu, berarti ada di tingkat sini ada delapan”, jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pendaftaran peserta POPDA tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2019 dilakukan secara online.

"Pendaftaran dengan sistem online dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari mulai pertengahan Januari nanti", Pungkasnya.

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka