LINGKAR BANYUMAS

SD Negeri 1 Kemutugkidul Maju Lomba Gudep Tergiat

Parsito, Suara Purwokerto |
 SD Negeri 1 Kemutugkidul Maju Lomba Gudep Tergiat

SD Negeri 1 Kemutugkidul Maju Lomba Gudep Tergiat

Suara Purwokerto - Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SD Negeri 1 Kemutugkidul Baturraden mendapat kunjungan penilaian lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat Tingkat Kwarcab Banyumas, Sabtu (30/11) yang diterima Ketua Mabiran, Pengurus Kwarran, Mabigus dan pembina SDN 1 Kemutugkidul.
Tim Penilai Lomba Gudep Tergiat Kwarcab Banyumas terdiri dari Drs Supriyadi, M.Pd, Sinung Tri Marhaendro, S.Pd dan Wakhidin Sodiq, S.Pd I. Salah satu anggota Tim Wakhidin Sodiq mengatakan, ada 9 standar penilaian lomba  yakni keanggotaan, administrasi, standar pengelolaan Gudep, pembina, standar kegiatan Gudep, pencapaian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus), sarana prasarana, kegiatan para pembina, prestasi gugus depan. Menurutnya, lomba ini dilakukan untuk menggambarkan aktifitas kegiatan kepramukaan  yang ada di Gugus Depan.
“Lomba ini dinamakan lomba Gugus Depan Tergiat, karena Gudep yang berpangkalan di masing-masing sekolah merupakan ujung tombak pembinaan kepramukaan yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas dan kepribadian generasi muda melalui pendidikan dan pelatihan pramuka," katanya
Menurut Wakhidin tahun 2018 ini penilaian Gugus Depan Tergiat merupakan tahun ke 4. Ada 15 gugus depan yang dikunjungi Tim masing-masing 5 gugus depan di tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK. 
"Pemenang lomba akan diumumkan pada Musyawarah Kerja Cabang 17 Desember mendatang, bagi Gudep tergiat akan mewakili Kwarcab Banyumas pada lomba yang sama di tingkat Provinsi," tambah Wakhidin
Mabigus SD Negeri 1 Kemutugkidul Triningsih, S.Pd menjelaskan, untuk menyambut tim penilai itu pihaknya sejak awal telah menyiapkan secara matang. Diharapkan dengan lomba ini dapat meningkatkan berbagai aktifitas dan kreatifitas didalam membangun tunas-tunas bangsa melalui gerak-gerakan kepramukaan.
“Kita dari awal sudah menyiapkan semuanya sebelum dinilai oleh tim Kwarcab Banyumas, selain itu kita mempunyai unggulan dengan memiliki sanggar sendiri,”ungkapnya.
Parsito
Editor: Andy Ist Merdeka