LINGKAR BANYUMAS

Bupati Canangkan Gerakan Banyumas Membaca

Parsito, Suara Purwokerto |
Bupati Canangkan Gerakan Banyumas Membaca

Bupati Canangkan Gerakan Banyumas Membaca

Suara Purwokerto -Dalam rangka meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Banyumas, Bupati Achmad Husein mencanangkan “Gerakan Banyumas Membaca” Rabu(28/11) di Balai Desa Karangklesem Kecamatan Pekuncen. Prosesi pencanangan dilakukan bupati bersama sama perwakilan siswa dari sekolah dasar di Desa Karangklesem.

Bupati Banyumas berharap dengan dicanangkan Banyumas Membaca, anak-anak banyumas khususnya dan masyarakat gemar membaca, karena membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca akan banyak ilmu mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak kita ketahui, juga wawasan menjadi luas.

Menurut Bupati, membaca juga mendatangkan banyak rejeki karena akan dapat menyelesaikan masalah dan mendapatkan inovasi-inovasi baru. Membaca alat transportasi kita menuju kesejahteraan dunia dan akhirat.  Untuk memahami Al quran pun harus dibaca terlebih dahulu untuk mengetahui cara menuju surga.

“Upayakan setiap hari kita membaca. Selain itu kita harus pandai membaca akam,” kata Bupati

Salah satu Program 99 hari salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan dengan gemar membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan mencerdaskan warga Banyumas

Kerpala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinas Arpusda) Ir Joko Wikanto mengatakan gerakan membaca sudah menjadi pekerjaan rutin dinasnya yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan menambah literasi masyarakat. Namun upaya itu sangat lamban jika tidak dilaksanakan upaya upaya khusus.

“Kami telah melaksanakan pelayanan kelililing dengan menggunakan armada bergerak, dengan 3 mobil dan 2 motor sesuai dengan permintaan dari sekolah maupun kelompok masyarakat. Untuk mendekatkan perpustakaan dengan anak-anak sekolah dan masyarakat untuk memulai gemar membaca, mengingat buku adalah jendela dunia,” katanya

Khusus kegiatan hari ini sengaja ditempatkan di Desa Karangklesem sebagai salah satu langkah untuk mendukung minat baca masyarakat disini dan masyarakat Kabupaten Banyumas pada umumnya. Selain itu kegiatan Gerakan Banyumas Membaca juga merupakan aksi nyata tindak lanjut terhadap program kerja 99 Bupati dan Wakil Bupati Banyumas. Karena itu pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menumbuhkan minat baca.

“Selain gerakan membaca juga diadakan talkshow dengan narasumber Perpustakaan Nasional yang diikuti oleh pengurus perpustakaan dan komunitas baca, serta Kak Imung mendongeng yang diikuti peserta dari murid TK dan SD, dan penyerahan bantuan buku untuk perpustakaan desa dan kelompok masyarakat” kata Joko Wikanto.

Sekretaris Dinas Arpusda Banyumas Dra Ida Nyoman Sari mengatakan, saat ini pihaknya memiliki koleksi sebanyak 59.863 buku dengan judul sekitar 27 686 judul. Walaupun tidak terlalu signifikan kunjungan ke perpustakaan ada sedikit peniungkatan.

“Tahun 2017 kunjungan mencapai 64.086 pengunjung. Sampai Oktober 2018 pengunjung mencapai 59.863 orang. Kalau rata rata perhari pada tahun 2017 hadir 183 pengunjung, sampai oktober ini rata-rata 189 pengunjung,” katanya

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka