Lingkar Banyumas

DKR Baturraden Menggelar Pelatihan Jurnalistik

Jumat, 9 November 2018 21.04

DKR Baturraden Menggelar Pelatihan Jurnalistik

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Ranting (DKR) Baturraden menggelar pelatihan jurnalistik, Jumat (7/11) di Aula Kartini UPK Baturraden. Kegiatan di buka oleh Wakil Ketua Bidang Bina Muda Samsul Ma'arif, S.Pd dan diikuti oleh 20 anggota Pramuka Penegak dari berbagai pangkalan di Kwarran Baturraden.

WakaBina muda Syamsul Maarif mengatakan kegiatan yang dilakukan baik oleh Kwarran maupun DKR Baturraden telah menunjukkan peningkatan. Bahkan Bidang Keruangan dan Sarpras masuk tergiat 4 dan Bidang Binawasa masuk 6 besar.

"Dengan pelatihan ini secara otomatis nanti akan terdokumentasi kegiatan yang dilaksanakan melalui berita di media, meskipun laporan fisik juga harus dibuat, karena kalau tidak dibuat saat ada evaluasi kita tidak punya bukti," katanya

Ketua DKR Undang Makruf mengatakan tujuan diselenggarakan pelatihan adalah mewujudkan Pramuka sebagai kantor berita. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka tetapi belum terpublikasi dengan baik sehingga kegiatan hanya diketahui dan dirasakan oleh peserta saja.

Materipelatihan menurut Undang, peserta diberi materi teknik menulis berita, fotografi jurnalistik, teknik reportase dan media sosial.

"Kami menghadirkan narasumber dari Humas Kwarcab," katanya

Undang berharap pelatihan ini juga sebagai upaya gerakan anti Hoax dengan tidak menyebarkan berita bohong dan berani menolak berita-berita bohong (hoax) di media sosial dengan tidak menyebarkan ke orang lain.

"Setiap berita yang dapat berisi ujaran kebencian dan fitnah serta menimbulkan perpecahan sebaiknya cukup berhenti pada kita," tambahnya

Suci Priyantini

Penulis: Suci Priyantini

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX