LINGKAR BANYUMAS

780 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kwarran Sumbang

Parsito, Suara Purwokerto |
780 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kwarran Sumbang

780 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kwarran Sumbang

Suara Purwokerto - Sebanyak 780 Pramuka siaga dari 39 pangkalan mengkuti pesta siaga ranting Sabtu (3/11) di lapangan Desa Tambaksogra. Perhelatan pramuka siaga tingkat ranting Sumbang ini rutin dilaksanakan setiap tahun guna untuk memilih barung tergiat untuk mewakili pada lomba Tingkat Kwarcab Banyumas.  Pesta siaga tingkat Kwarcab rencananya akan dilaksanakan (23/11) di Lapangan Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

Ketua Kwarran Agus Supriyono, S.Pd mengatakan kegiatan pesta siaga dibuka oleh Bunda Efi Nungky Hary Rachmat. Tema yang diangkat adalah gembira, berprestasi dan bersahabat.

Dalam sambutannya Bunda Efi berpesan agar para peserta dapat bermain dan bergembira bersama serta berkreasi dalam suasana persahabatan  Berkaitan dengan prestasi bunda juga menyampaikan barung yang meraih juara untuk di persiapan lagi mengikuti Pestaga tingkat Cabang Banyumas,  sedangksn barung yang belum juara, lomba dijadikan motifasi pembinaan yang lebih giat lagi. 

Akhirnya Barung Hijau Putra dan Barung Putih Putri SD Negeri 1 Kebanggan menjadi yang terbaik pada  pesta siaga Kwartir Ranting (Kwarran) Sumbang 2018

"Pada lomba ini peserta  diberikan keleluasaan dan kebebasan penuh kepada adik-adik untuk melaksanakan kegiatan tanpa beban. Agar mereka  merasa dengan ceria, senang, gembira. Mereka dilatih mandiri  dengan melarang bina damping yang mengikuti kegiatan," katanya. 

Diakhir kegiatan sebagai barung tergiat putra adalah pramuka siaga dari SD Negeri 1 Kebanggan sebagai juara 1, SDN 2 Banjarsari Kulon Juara 2 dan SDN 1 Tambaksogra Juara 3. Juara Harapan 1 diraih oleh SDN3 Gandatapa, harapan 2 SDN1 Banjarsari Kulon dan Harapan 3 SDN 1 Kotayasa. 

Untukbarung putri SD Negeri 1 Kebanggan sebagai juara 1, SD Negeri Ciberem Juara 2 dan SD Negeri 2 Kebanggan sebagai juara 3.  Juara Harapan 1 diraih oleh SDN1 Tambaksogra, harapan 2 SDN1 Kotayasa dan Harapan 3 SDN 2 Banjarsari Kulon.

Editor: Andy Ist Merdeka